7 Amalan Rebo Wekasan Menurut Islam untuk Tolak Bala

7 Amalan Rebo Wekasan Menurut Islam untuk Tolak Bala

Gaya Hidup | inews | Selasa, 3 September 2024 - 17:44
share

JAKARTA, iNews.id - Amalan Rebo Wekasan menurut Islam untuk diamalkan agar diberikan keselamatan dan dijauhkan dari marabahaya. Sebagian masyarakat Nusantara, khususnya di Jawa, melakukan ritual untuk menolak bala di hari Rabu terakhir Bulan Safar atau Rebo Wekasan.

Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan adalah Rabu terakhir di bulan Safar. Tahun ini, Rabu Wekasan jatuh pada Rabu, 4 September 2024 bertepatan tanggal 30 Safar 1446 Hijriah.

Dikutip dari @ulamagaleri, Bulan Safar dalam pandangan Islam, itu sama dengan bulan lainnya. Bukan bulan bala atau bulan yang penuh musibah dan lain-lainnya. Namun menurut sebagian ulama ahli ma'rifat dari golongan ahli mukasyafah dalam kitab Kanzun Najah Wassurur karya Syekh Abdul Hamid Al Qudsy, menerangkan bahwa

Setiap tahun Allah menurunkan bala ke dunia sebanyak 320.000 macam bala (malapetaka) untuk satu tahun. Tepatnya bala itu turun pada Rabu terakhir dari bulan Shafar atau yang terkenal dengan sebutan Rebo Wekasan untuk satu tahun ke depan.

Lazim di masyarakat menggelar ritual di Rebo Wekasan sesuai adat istiadat daerah tersebut seperti masyarakat Bantul, DIY yang menggelar ritual kirab lemper raksasa dan sedekah ketupat di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Tradisi tersebut sudah berlangsung secara turun-temurun di kalangan masyarakat.

Bentuk ritual lain Rebo Wekasan yaitu shalat tolak bala, berdoa dengan doa-doa khusus, minum air jimat, dan selamatan, sedekah, silaturrahin, dan berbuat baik kepada sesama.

Ritual dan amalan tersebut sebagai bentuk permohonan agar dijauhkan dari marabahaya di Rebo Wekasan.

Rasulullah Saw telah meluruskan mitos terkait kesialan di Rebo Wekasan Bulan Safar tersebut. Nabi SAW bersabda:

Artinya: Tidak ada wabah (yang menyebar secara sendirinya), tidak pula ramalan sial, tidak pula burung hantu dan juga Safar. Menghindarlah dari penyakit kusta sebagaimana engkau menghindari singa.

7 Amalan Rebo Wekasan Dalam Islam

1. Doa Rebo Wekasan

Amalan Rebo Wekasan pertama yakni membaca doa untuk tolak bala. Doa tersebut dibaca setelah magrib.

. . . . .

Latin: Bismillahirrahmanirrahim. Wa shallallahu ta'ala 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam. Allahumma yaa syadidul quwa wa yaa syadiidul mihaal ya 'aziizu dallan li'izzatika jamii'u khalqika ikfinaa min jamii'i khalqika yaa muhsinu ya mujammalu ya mutafadhalu ya mun'imu yaa mukrimu ya man laa ilaaha illa anta birahmatika ya arhamar raahimin, Allahumma bisirril hasani wa akhihi wa jaddihi wa abiihi ikfinaa syarri haadal yaumi wa ma yunazzalu fiihi ya kafii fasayakfikahumullahu wa huwas samii;ul 'aliimu wa hasbunallahu wa ni'mal wakiilu wa laa haula wa laa quwwata illa billahil 'aliyiil 'adhiim. Wa shallallahu ta'ala 'alaa sayyidnia muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallim.

Artinya: Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga shalawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan.

Ya Tuhan Yang Maha Mulia dan karena kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu. Ya Tuhan Yang Maha Baik. Yang Memberi Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan. Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau.

Kasihanilah aku dengan Rahmat-Mu, wahai Zat yang Maha Penyayang. Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan dan saudaranya, serta kakeknya dan ayahnya, ibunya dan keturunannya, jauhkan aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya.

Wahai Zat Yang Maha Mencukupi harapan dan Menolak bala, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar, tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad Saw. beserta keluarganya dan para sahabatnya."

2. Sholat Mutlak

Amaliyah Rebo Welasan dalam Islam berikutnya adalah melaksanakan sholat mutlak. Amalan ini bukan bersifat wajib atau sunah namun anjuran.

Ustadz Muhammad Ajib dalam bukunya berjudul 33 Macam Jenis Shalat Sunnah menjelaskan, sholat mutlak adalah shalat sunnah yang bebas dikerjakan kapan pun kecuali di waktu terlarang dan berapa pun jumlah rakaatnya juga boleh.

Niat Sholat Mutlak Rebo Wekasan

Ushollii sunnatan rokataini lillaahi taala.

Aku niat shalat sunnah dua rakaat karena Allah Taala.

3. Membaca Surat Yasin

Salah satu tradisi baik di malam Rebo Wekasan yakni membaca Surat Yasin. Tradisi tersebut sudah lama dilakukan sebagian masyarakat Muslim di Indonesia.

KH Abdul Hamid Kudus dalam kitabnya Kanz an-Naj wa al-Surr fi al-Adiyyah alMathrah allat Tashra al-udr (Keberuntungan dan kegembiraan yang tersimpan dalam doa-doa yang melapangkan dada) dilansir dari jurnal Theologia menjelaskan, anjuran membaca Surat Yasin pada hari Rebo Wekasan tersebut.

Dalam kitab tersebut dijelaskan tata cara membaca Surat Yasin yakni ketika sampai pada ayat 58

Latin: Salaamun qaulan min rabbi rahiim.

Artinya: Kepada mereka dikatakan), "Salam, " sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang. (QS.Yasin: 58)

Maka ayat ini diulang pembacaannya sebanyak 313 kali.

4. Membaca 4 Surat Al Quran

Amalan Rebo Wekasan berikutnya yakni membaca empat surat pendek dalam AL Quran seperti Surat Al Insyirah, Surat At Tin, Surat Al Ikhlas, dan Surat An Nashr. Masing-masing dibaca 7 kali.

5. Sholawat Nabi

Amaliyah Rebo Wekasan berikutnya yakni membaca sholawat Nabi. Muslim bisa membaca sholawat nabi dengan shighat umum yang biasa dilafalkan. Salah satunya sholawat nariyah.

Latin: Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taaman ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhalu bihil uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhoo bihil hawaaiju wa tunaalu bihir roghooibu. Wa husnul khowatiimi wa yustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi wa ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin biadadi kulli malu mi laka.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab Nabi SAW semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Khasiat Sholawat Nariyah

Imam al Qurthubi mengatakan: Barang siapa membaca shalawat ini (al-Nariyah/al-Tafjiriyah) 41 kali, 100 kali atau lebih, Allah akan melapangkan kesulitannya, mengusir kesedihannya, memudahkan urusannya, menerangi hatinya menurut kadar imannya, meninggikan derajat nya, membaguskan keadaannya, meluaskan rejekinya, membukakan pintu-pintu kebaikan, dan melindunginya dari kehacuran sepanjang tahun, menyelamatkan dari berbagai musibah kelaparan dan kemiskinan, dicintai oleh semua mahluk, dan dikabulkannya doa dari segala doa.

6. Membaca Doa Sayyidul Istighfar

Amaliyah Rebo Wekasan dalam Islam selanjutnya yakni membaca doa sayyidul istighfar.

. . . .

Arab-Latin: Allahumma anta rabbii laa ilaha Illa anta khalaqtanii wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika, wawa'dika mas tatho'tu, a'dzubika min syarri maa shona'tu, abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abu u bidzanbi faghfirli. Fainnahu laa yaghfiru dzunuuba Illa anta.

Artinya: "Ya Allah! Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hambaMu semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmatMu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau."

7. Sedekah

Amaliyah Rebo Wekasan berikutnya yakni sedekah yang merupakan amal ibadah yang sangat disukai Allah SWT.

Orang yang suka bersedekah hidupnya insyaallah akan dijauhkan dari marabahaya dan dipanjangkan umurnya dalam artian hidupnya dipenuhi keberkahan.

: { }.

Nabi Muhammad SAW bersabda: Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur.

Tradisi Rebo Wekasan memang bukan bagian dari Syariat Islam, akan tetapi merupakan tradisi yang positif karena (1) menganjurkan shalat dan doa, menganjurkan banyak bersedekah, menghormati para wali yang mukasyafah. Karena itu, hukum ibadahnya sangat bergantung pada tujuan dan teknis pelaksanaan. Jika niat dan pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan syariat, maka hukumnya boleh. Tapi bila terjadi penyimpangan (baik dalam keyakinan maupun caranya), maka hukumya haram.

Itulah ulasan amaliyah Rebo Wekasan dalam Islam yang bisa muslim amalkan sebagai salah satu bentuk riyadhoh memohon pertolongan kepada Allah agar dijauhkan dari malapetaka.

Wallahu A'lam

Topik Menarik