Parfum Aroma Teh Cocok untuk Cuaca Panas, Bikin Rileks dan Segar Seharian

Parfum Aroma Teh Cocok untuk Cuaca Panas, Bikin Rileks dan Segar Seharian

Gaya Hidup | inews | Rabu, 4 September 2024 - 12:33
share

JAKARTA, iNews.id - Parfum aroma teh cocok untuk cuaca panas. Aroma teh diyakini dapat memberi sensasi rileks, menenangkan, hingga menaikkan mood. 

Tak bisa dipungkiri, terpapar sinar matahari langsung saat cuaca panas kerap kali membuat mood rusak dan keringat tubuh berlebih. Kalau sudah begini, suasana hati bisa rusak dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Salah satu solusi untuk bisa membangkitkan kembali semangat adalah dengan menyemprotkan parfum. Hal ini bahkan direkomendasikan dokter. 

"Wewangian memiliki kemampuan untuk mengubah emosi dan suasana hati. Jadi, parfum tidak sebatas pengalaman sensorik saja," kata dr Rachel Herz, seorang ahli saraf, dikutip dari Harper's Bazaar, Rabu (4/9/2024). 

"Hal itu dikarenakan adanya hubungan unik di otak tempat aroma, emosi, kenangan, dan asosiasi diproses," ujar dr Herz. 

Aroma teh memberi kesan menenangkan dan meredakan stress
Aroma teh memberi kesan menenangkan dan meredakan stress

Nah, aroma teh cocok untuk cuaca panas, karena dapat menimbulkan sensasi rileks hingga memperbaiki suasana hati. Beberapa studi membuktikan hal tersebut.

Misalnya, satu studi yang dilakukan pada 2005 menemukan bahwa mencium aroma teh dapat membuat suasana hati lebih tenang. Terlebih aroma teh melati bisa membuat suasana hati jadi lebih baik. 

Lebih lanjut, penelitian di Jepang yang diterbitkan pada 2018 menemukan bahwa aroma teh dapat mengurangi tingkat stres. Maka dari itu, banyak 'perfume enthusiast' yang menyarankan aroma teh untuk dipakai saat cuaca panas seperti sekarang ini. 

"Nah, aroma teh mampu memberi sensasi rileks, menenangkan, dan menaikkan mood. Makanya, parfum aroma teh cocok dipakai di terik matahari," kata Perfume Enthusiast sekaligus Founder HINT, Irene Ursula, dalam keterangan resminya.

Menjadi pertanyaan sekarang, aroma teh seperti apa yang bisa mencegah stres di cuaca panas seperti sekarang? 

Menurut Irene, ada dua jenis aroma teh yang bisa jadi pilihan. Pertama aroma teh dengan sentuhan segar, dan kedua aroma teh yang hangat nan menenangkan. 

Aroma teh cocok dipakai saat cuaca panas
Aroma teh cocok dipakai saat cuaca panas

Aroma teh yang segar biasanya punya perpaduan teh dan bergamot, lalu ada bigarade dan sage, serta aroma sandalwood, musky, dan wood. Perpaduan ini bisa menciptakan sensasi segar. 

Nah, kalau aroma teh yang menenangkan itu perpaduan antara lemon, orange, dan pink pepper. Kemudian ada sencha, sage clary, dan orris, serta vetiver, cedarwood, dan tonka bean. 

"Aroma teh seperti ini bisa memberi kesan damai yang menenangkan," ungkap Irene. 

Jadi, itu dia pembahasan seputar parfum aroma teh cocok untuk cuaca panas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik