Benarkah Ibu Hamil Tidak Aman Naik Transportasi Umum?

Benarkah Ibu Hamil Tidak Aman Naik Transportasi Umum?

Gaya Hidup | inews | Rabu, 11 September 2024 - 18:46
share

JAKARTA, iNews.id - Ramai di media sosial soal ibu hamil diklaim tidak aman naik transportasi umum. Benarkah demikian?

Ibu hamil banyak yang masih beraktivitas sehari-hari di luar rumah. Hal ini membuat penyedia moda transportasi umum menyediakan 'space' untuk ibu hamil, misalnya kursi khusus ibu hamil yang ada di commuter line.

Terkait dengan klaim ibu hamil tidak aman naik transportasi umum, berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Pada dasarnya, ibu hamil masih bisa beraktivitas secara aman dengan kendaraan umum. Terlebih, ibu hamil mendapat keistimewaan saat menggunakan transportasi umum.

Meski begitu, ibu hamil perlu mempertimbangkan penggunaan kendaraan umum jika sedang mengalami kondisi morning sickness atau mual di pagi hari. Tapi, kondisi ini pun umumnya hanya dialami pada kehamilan muda.

"Bepergian dengan kendaraan umum saat hamil itu aman, tapi kemungkinan risiko bisa terjadi tergantung kendaraan apa yang digunakan, berapa lama perjalannya, dan kondisi kesehatan yang dialami," ungkap laporan Abhibus, dikutip Rabu (11/9/2024).

"Penting untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi Anda sebelum melakukan perjalanan jauh dengan durasi lama," tambah laporannya.

Lebih lanjut, penelitian yang diterbitkan di Sciencedirect (2022) menerangkan bahwa ibu hamil pekerja yang menggunakan kendaraan umum berisiko alami stress dan anxiety.

Namun, risiko tersebut bisa ditekan jika masyarakat dapat mendukung kesejahteraan ibu hamil saat berada di kendaraan umum. Sebab, pada faktanya masih banyak orang yang belum mau memberikan kursinya kepada ibu hamil.

Hal ini sesuai dengan hasil survei yang dilakukan Mama Mio. Diketahui bahwa banyak orang dewasa tidak memberikan kursi di kendaraan umum untuk ibu hamil.

Salah satu alasannya adalah orang dewasa enggan menawarkan kursi kepada ibu hamil, karena takut menyinggung perasaan orang lain. "Jadi, mereka tidak peduli," ungkap laporan Mama Mio.

Sebagai informasi, ada kondisi ibu hamil yang tidak disarankan naik pesawat, yaitu:

Topik Menarik