Doa Ketika Ada Gempa Bumi: Bacaan dan Keutamaannya

Doa Ketika Ada Gempa Bumi: Bacaan dan Keutamaannya

Gaya Hidup | inews | Rabu, 18 September 2024 - 21:52
share

JAKARTA, iNews.id - Umat Islam di Indonesia sebaiknya mengenal doa ketika ada gempa bumi. Hal ini penting mengingat Indonesia terletak di area yang dikelilingi lempeng bumi yang aktif, yang dapat menyebabkan gempa.

Gempa bumi adalah bencana alam yang sering melanda Indonesia, mengakibatkan kerusakan, kesulitan, dan penderitaan bagi banyak orang.

Islam mendorong umatnya untuk berzikir dan berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT ketika menghadapi gempa bumi.

Dalam Al-Quran dan hadis, ada beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca saat gempa terjadi.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Muhammadiyah, berikut adalah beberapa doa gempa bumi beserta keutamaannya.

Doa Ketika Ada Gempa Bumi

Doa ini bersumber dari riwayat Imam Muslim melalui Abu Al-Yasar. Doa ini tidak hanya untuk gempa, tetapi juga bisa dibaca saat terjadi musibah atau bencana lain, seperti angin topan.

Doanya adalah:

Allahumma inni as-aluka khoiroha wa khoiro ma fiha wa khoiro ma ursilat bihi wa audzu bika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.

Artinya:

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan atas segala yang terjadi, kebaikan di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirimkan melalui peristiwa ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan di dalamnya, dan keburukan yang Engkau kirimkan bersamanya.
Keutamaan doa ini adalah bahwa Allah SWT akan memberikan kebaikan dan keselamatan kepada orang yang membacanya dari segala musibah. Doa ini juga mencerminkan pengakuan bahwa segala yang terjadi adalah atas izin dan kehendak Allah SWT, serta bahwa kita hanya memohon pertolongan kepada-Nya.

Doa Ketika Mengetahui Orang Lain Terkena Gempa Bumi

Doa ini bersumber dari riwayat Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah melalui Anas bin Malik. Disarankan untuk dibaca tetapi tidak didengar oleh orang yang terkena musibah. Doanya adalah:

Alhamdulillahil ladzi afaani mimma batalaka bihi wa faddalani ala katsirin mimman kholaqa tafdilan.

Artinya:
Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan memuliakanku di antara makhluk-Nya yang lain.

Keutamaan doa ini adalah bahwa yang membacanya insya Allah akan terhindar dari musibah yang sama. Ini juga merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat-Nya dan empati terhadap mereka yang sedang mengalami kesulitan.

Doa ketika ada gempa bumi adalah ajaran Rasulullah SAW untuk dibaca ketika terjadi gempa atau bencana lainnya. Doa ini memiliki keutamaan dan hikmah besar bagi yang membacanya, mencerminkan sikap seorang muslim yang berserah diri kepada Allah SWT dan berharap rahmat-Nya di tengah musibah.Semoga Allah SWT melindungi kita semua dari segala bencana dan musibah.

Topik Menarik