Berapa Lama Anak Picky Eater Bisa Terima Makanan Baru?

Berapa Lama Anak Picky Eater Bisa Terima Makanan Baru?

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 19 September 2024 - 14:06
share

SALAH satu masalah yang kerap dihadapi orang tua ketika menyuruh anaknya makan adalah mereka kerap memilih makanan yang akan dimakan alias picky eater. Memang, bukan masalah mudah menghadapi anak-anak yang picky eater.

Dokter spesialis anak lulusan Universitas Gadjah Mada, Fitria Mahrunnisa, mengutarakan pentingnya orang tua mengenalkan beragam makanan pada anak sejak dini untuk mencegah makanan buruk obesitas.

"Cara utamanya adalah dengan terus mengenalkan berbagai jenis makanan sejak awal MPASI dengan menetapkan aturan makan dan nutrisi yang tepat untuk anak," kata dia seperti dilansir dari Antara.

Dosen Universitas Islam Jakarta Sirif Hedayatullah mengatakan, penerapan pola makan dan pengenalan macam-macam makanan sejak makanan diberikan ASI atau MPASI, akan membiasakan anak mengonsumsi makanan yang beragam.

"Anak-anak boleh makan makanan tinggi asam seperti dendeng, daging dan telur coklat, puding susu keju. Pertumbuhan jaringan yang tertunda mempengaruhi GTM (implantasi) pada anak,” kata Fitria.

Jika anak termasuk picky eater, orang tua dapat mengubah kebiasaan makannya dengan mencampurkan makanan favoritnya dengan makanan lain selain nasi, seperti kentang dan jagung, agar mereka tidak bosan. 

 

Anak-anak yang tidak menerima jenis makanan baru, akan terbiasa setelah 10 sampai 12 kali pemberian makan. Menurut Fitria, orang tua juga dapat mengubah rasa, tekstur, dan tampilan makanan untuk membantu anak menerimanya secara bertahap.

"Misalnya, anak-anak yang menyukai buah dapat menggabungkan pengalaman makanan dengan buah-buahan seperti (membuat) manggo sticky rice, ayam nanas," katanya. 

Lingkungan makanan dan item menu untuk mengajari anak-anak makan makanan yang bervariasi dan tidak hanya memilih makanan yang mereka sukai.
 

Topik Menarik