4 Jenis Teh Bantu Meningkatkan Kesehatan Usus

4 Jenis Teh Bantu Meningkatkan Kesehatan Usus

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 19 September 2024 - 13:30
share

MENJALANI kehidupan yang serba cepat saat ini, kebiasaan makan yang tidak teratur dan gaya hidup yang kurang bergerak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah pencernaan, termasuk di dalamnya terkiat kesehatan usus.

Padahal, sama dengan organ tubuh lainnya, kesehatan usus sangat penting untuk dijaga. Kesehatan usus memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Apalagi saat sering hujan seperti sekarang, menjaga kesehatan pencernaan menjadi lebih krusial karena kondisi lembap dapat melemahkan fungsi pencernaan.

Nah, untuk meningkatkan kesehatan usus, selain mengonsumsi probiotik, makanan kaya serat, dan tetap terhidrasi, bisa juga disokong dengan konsumsi teh herbal juga bisa menjadi solusi alami yang efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan. Inilah empat jenis teh yang bermanfaat untuk kesehatan usus, seperti diwarta dari Times of India, Kamis (19/9/2024)

1. Teh peppermint: Dibuat dari daun mint, dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama dalam mendukung kesehatan pencernaan.

Foto: Jcomp/Freepik

Kandungan mentol dan nutrisi penting lainnya di dalamnya membantu meredakan gangguan pencernaan, perut penuh gas, dan keasaman. Teh ini juga membantu meningkatkan nafsu makan dan menenangkan pikiran.

2. Teh dandelion: Teh satu ini dikenal dengan khasiat detoksifikasinya. Mengandung antioksidan dan antiradang, teh ini membantu meredakan peradangan dan masalah pencernaan. Teh dandelion juga kaya akan protein, zat besi, dan beta-karoten, yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan usus.

3. Teh kembang sepatu:Kandungan antioksidan dalam teh kembang sepatu tidak hanya melindungi tubuh dari radikal bebas, tetapi juga membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan masalah perut.

Minum teh kembang sepatu secara teratur dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan usus.

4. Teh jintan: Jintan, yang biasa digunakan dalam masakan, juga dapat diseduh menjadi teh yang bermanfaat untuk pencernaan. Sifat anti-inflamasi dalam jintan membantu mengurangi gas dan gangguan pencernaan.

Teh jintan bisa juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur, yang keduanya sangat penting untuk menjaga kesehatan usus. Selamat mencoba!

Topik Menarik