Modi Diprediksi Menangi Pemilu, Muslim Akan Makin Tertindas?

Modi Diprediksi Menangi Pemilu, Muslim Akan Makin Tertindas?

Global | sindonews | Senin, 3 Juni 2024 - 17:35
share

Aliansi yang dipimpin oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Perdana Menteri India Narendra Modi diperkirakan akan memenangkan mayoritas besar dalam pemilihan umum yang berakhir pada Sabtu lalu.

Kemenangan Modi diprediksi akan membahayakan komunitas minoritas Muslim di India. Maklum, selama pemerintahan Modi, umat Islam kerap tertindas dan menjadi korban diskriminasi.

Sebagian besar jajak pendapat memperkirakan Aliansi Demokratik Nasional (NDA) yang berkuasa bisa memenangkan dua pertiga mayoritas di majelis rendah parlemen yang beranggotakan 543 orang, dimana diperlukan 272 suara untuk mencapai mayoritas sederhana. Mayoritas dua pertiga suara akan memungkinkan pemerintah untuk melakukan amandemen konstitusi yang luas.

Ringkasan dari lima jajak pendapat utama memperkirakan NDA dapat memperoleh antara 353 dan 401 kursi, jumlah yang kemungkinan akan mendorong pasar keuangan ketika dibuka kembali pada hari Senin. NDA memenangkan 353 kursi pada pemilihan umum 2019, dimana BJP memperoleh 303 kursi.

Tiga dari lima jajak pendapat memproyeksikan BJP sendiri bisa menang lebih banyak dari 303 jajak pendapat yang dimenangkannya pada tahun 2019.

Melansir Reuters, aliansi oposisi "INDIA" yang dipimpin oleh partai Kongres pimpinan Rahul Gandhi diperkirakan akan memenangkan antara 125 dan 182 kursi.

Exit poll, yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemungutan suara, memiliki catatan yang buruk di India karena sering kali hasil yang diperoleh salah. Para analis mengatakan bahwa sulit untuk mendapatkan hasil yang benar di negara yang besar dan beragam ini.

Dalam komentar pertamanya setelah pemungutan suara berakhir, Modi mengklaim kemenangan tanpa mengacu pada exit poll.

“Saya dapat mengatakan dengan yakin bahwa rakyat India telah memberikan suara dalam jumlah besar untuk memilih kembali pemerintahan NDA,” katanya di X, tanpa memberikan bukti atas klaimnya.

“Aliansi INDI yang oportunistik gagal mencapai kesepakatan dengan para pemilih. Mereka adalah penganut kasta, komunal, dan korup.”

Survei pra-pemilu menunjukkan BJP akan dengan mudah mempertahankan mayoritasnya dalam pemilu. Namun partai tersebut menghadapi kampanye yang penuh semangat dari aliansi “INDIA”, yang menimbulkan keraguan tentang seberapa ketat persaingan yang akan terjadi, dan banyak analis politik memperkirakan margin kemenangan BJP akan lebih sempit atau mendekati perolehan suara pada tahun 2019.

Pihak oposisi menolak exit poll, dan sebelum dipublikasikan, mereka menyebutnya "prefixed". Sebagian besar partai oposisi menuduh saluran-saluran berita utama India bias dalam mendukung Modi, tuduhan yang dibantah oleh saluran-saluran tersebut. Mereka juga mengatakan exit poll di India sebagian besar tidak ilmiah.

“Ini adalah exit poll pemerintah, ini exit poll Narendra Modi,” Supriya Shrinate, kepala media sosial Kongres, mengatakan kepada kantor berita ANI, di mana Reuters memiliki saham minoritas.

“Kami punya firasat berapa banyak kursi yang kami menangkan, tidak akan ada satu kursi yang kurang dari 295 kursi,” ujarnya.

Hampir satu miliar orang berhak memilih dalam pemilu tujuh tahap yang dimulai pada 19 April dan diadakan di musim panas yang terik di banyak daerah.

Baca Juga: Hampir 1 Miliar Orang Akan Mengikuti Pemilu Terbesar di Dunia

Komisi Pemilihan Umum akan menghitung suara pada tanggal 4 Juni dan hasilnya diperkirakan akan diumumkan pada hari yang sama.

Kemenangan bagi Modi, 73 tahun, akan menjadikannya perdana menteri kedua setelah pemimpin kemerdekaan Jawaharlal Nehru yang memenangkan tiga masa jabatan berturut-turut.

Modi memulai kampanye pemilihannya kembali dengan berfokus pada pencapaiannya selama 10 tahun terakhir, namun segera beralih menargetkan Kongres dengan menuduh Kongres berpihak pada minoritas Muslim di India, namun hal ini dibantah oleh partai oposisi.

Pihak oposisi sebagian besar berkampanye mengenai program tindakan afirmatif dan menyelamatkan konstitusi dari apa yang mereka sebut pemerintahan diktator Modi, sebuah tuduhan yang dibantah oleh BJP.

Pengangguran dan inflasi adalah kekhawatiran utama bagi para pemilih di negara mayoritas Hindu dengan populasi 1,4 miliar orang, menurut survei.

Para analis pasar mengatakan jajak pendapat tersebut telah menghilangkan ketidakpastian mengenai kemungkinan hasil pemilu dan menandakan kesinambungan kebijakan ekonomi Modi yang berfokus pada pertumbuhan.

“Hasil exit poll yang menunjukkan kemenangan nyata bagi NDA dengan sekitar 360 kursi benar-benar menghilangkan apa yang disebut kegelisahan pemilu yang telah membebani pasar pada bulan Mei,” kata V.K. Vijayakumar, Kepala Strategi Investasi di Geojit Financial Services.

"Ini merupakan kesempatan bagi para pembeli yang akan memicu reli besar di pasar pada hari Senin," katanya.

Topik Menarik