Mengapa Israel Menolak Usulan Biden Soal Gencatan Senjata di Gaza?

Mengapa Israel Menolak Usulan Biden Soal Gencatan Senjata di Gaza?

Global | sindonews | Kamis, 6 Juni 2024 - 09:55
share

Pada awal serangannya yang menghancurkan di Jalur Gaza , Israel menetapkan tujuan ambisius: menghancurkan Hamas. Pada saat itu, pemerintahan Biden berkomitmen terhadap tujuan tersebut, memberikan Israel banyak persenjataan dan menyuarakan dukungannya.

Namun, hampir delapan bulan setelah perang, perpecahan muncul di antara sekutu dekat mengenai bagaimana sebenarnya kekalahan Hamas. Pekan lalu, Presiden AS Joe Biden mengatakan kelompok militan tersebut tidak lagi mampu melancarkan serangan terhadap Israel seperti serangan 7 Oktober yang memicu perang dan sudah waktunya pertempuran diakhiri.

Namun, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan para menteri sayap kanan tidak setuju. Ketika Amerika berupaya mengakhiri konflik dengan cepat, kepemimpinan Israel tampaknya bertekad untuk terus maju.

Mengapa Israel Menolak Usulan Biden Soal Gencatan Senjata di Gaza?

1. Biden: Hamas Bukan Lagi Ancaman

Foto/AP

Biden mengatakan sudah waktunya untuk mengakhiri perang Israel-Hamas, menandakan bahwa tujuan menghancurkan Hamas telah tercapai karena kelompok militan tersebut tidak lagi mampu melakukan serangan besar-besaran terhadap Israel seperti yang terjadi pada 7 Oktober.

Hari itu, pejuang Hamas mengejutkan Israel dengan serangan besar-besaran yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyeret sekitar 250 sandera kembali ke Gaza ketika tembakan roket menargetkan kota-kota Israel.

Dalam hampir delapan bulan sejak itu, Israel mengatakan serangan udara dan daratnya telah menguras kemampuan militer Hamas secara signifikan. Mereka mengklaim telah membunuh 15.000 militan, setengah dari kekuatan tempur Hamas, dan melukai ribuan lainnya. Mereka juga mengatakan telah menghancurkan sebagian besar jaringan terowongan labirin, pusat komando dan kendali serta peluncur roket di Gaza.

Biden tampak yakin bahwa hal ini cukup untuk memenuhi tujuan Israel. Dia mendesak Israel dan Hamas mencapai kesepakatan untuk membebaskan sekitar 85 sandera yang tersisa, bersama dengan sekitar 40 jenazah lainnya, untuk memperpanjang gencatan senjata.

2. Netanyahu: Hilangkan Sisa Kemampuan Militer dan Pemerintahan Hamas

Foto/AP

Menanggapi pernyataan Biden bahwa Hamas telah terkuras secara signifikan, Netanyahu mengatakan Israel tidak akan menyetujui gencatan senjata permanen sampai kemampuan militer dan pemerintahan Hamas dihancurkan, pembebasan semua sandera dan memastikan bahwa Gaza tidak lagi menjadi ancaman bagi Israel."

Melansir AP, Tentara Israel mengatakan pemberantasan Hamas masih belum selesai, dengan batalion militan yang tersisa di kota paling selatan Rafah dan pertempuran masih berkobar di utara Gaza. Hamas terus meluncurkan roket ke Israel, meskipun dengan intensitas yang jauh lebih rendah dibandingkan bulan-bulan pertama perang. Sejauh mana tata kelola kelompok ini di seluruh kawasan masih belum jelas, meskipun belum ada alternatif lain yang muncul.

Meski begitu, Netanyahu mengakui bahwa mustahil untuk sepenuhnya menghilangkan ideologi Hamas, yang menguasai Gaza pada tahun 2007, setahun setelah memenangkan pemilihan legislatif melawan partai saingannya, Fatah. Hamas berhasil bertahan meskipun ada blokade selama 16 tahun yang diberlakukan oleh Israel dan Mesir, dan empat perang sebelumnya melawan Israel.

Hamas harus dilenyapkan, bukan hanya sekedar ide, kata Netanyahu pada akhir Maret lalu. Nazisme tidak dihancurkan sebagai sebuah ide di Dunia II, tetapi Nazi tidak memerintah Jerman.

Para penghasut sayap kanan dalam pemerintahan ultranasionalis Israel dengan tegas menolak proposal gencatan senjata Biden, dengan mengatakan Israel harus melanjutkan perangnya di Gaza sampai kelompok militan tersebut benar-benar dibasmi.

Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir, dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich sama-sama mengancam akan meninggalkan Netanyahu.

Smotrich mengatakan bahwa menyetujui gencatan senjata sama saja dengan mempermalukan Israel dan menyerah. Meningkatnya tekanan militer, katanya, adalah satu-satunya bahasa yang dipahami di Timur Tengah.

Ben-Gvir menyerukan emigrasi sukarela warga Palestina dari Gaza dan kembalinya permukiman Israel. Israel secara sepihak menarik diri dari lebih dari 20 pemukiman Yahudi di Gaza pada tahun 2005, mengakhiri kehadirannya selama 38 tahun.

Berbicara pada konferensi pemukiman kembali pada bulan Mei, Ben-Gvir mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk memastikan masalah ini tidak akan terulang kembali adalah dengan kembali ke Gaza sekarang.

Kembali ke rumah!, teriaknya, Kembali ke tanah suci kami!

Topik Menarik