Para Pilot Israel yang Bunuh Nasrallah Takut Dituntut dalam Kejahatan Perang

Para Pilot Israel yang Bunuh Nasrallah Takut Dituntut dalam Kejahatan Perang

Global | sindonews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 19:45
share

Para pilot dalam skuadron Israel yang melakukan serangan udara di Beirut yang menewaskan Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah sebelumnya ikut serta dalam protes antipemerintah karena khawatir reformasi peradilan dapat menyebabkan personel militer dituntut atas kejahatan perang.

Serangan udara besar-besaran Jumat lalu, yang menurut Israel menargetkan markas bawah tanah Hizbullah, meratakan empat bangunan tempat tinggal di pinggiran selatan ibu kota Lebanon, Dariyeh.

Lebih dari 1.000 orang telah tewas, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon, sejak Israel meningkatkan serangan udara awal bulan ini.

Sementara itu, lebih dari 1,2 juta orang, hampir seperempat dari populasi, telah mengungsi, menurut Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati.

Pada Jumat pagi, jet tempur Israel melancarkan serangan besar-besaran lebih lanjut di Beirut dalam gelombang serangan yang menurut beberapa laporan menargetkan calon penerus Nasrallah, Hashem Safieddine, kepala dewan eksekutif Hizbullah.

Serangan yang menewaskan Nasrallah, dengan nama sandi Operasi Orde Baru oleh Angkatan Udara Israel, dilakukan oleh Skuadron ke-69.

Rekaman yang dirilis militer Israel setelah serangan itu tampak memperlihatkan delapan jet tempur F-16 yang dipersenjatai dengan bom penghancur bunker di landasan pacu di pangkalan angkatan udara Hatzerim di Israel selatan.

Pilot di Skuadron ke-69 memainkan peran penting dalam protes terhadap pemerintah Israel pada Maret 2023 di tengah peringatan reformasi peradilan yang diusulkan dapat membuat personel militer menghadapi tuntutan di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Tiga puluh tujuh dari 40 pilot cadangan skuadron mengatakan saat itu bahwa mereka tidak akan mengambil bagian dalam latihan sebagai protes atas apa yang oleh para kritikus koalisi sayap kanan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu digambarkan sebagai "kudeta peradilan".

Para cadangan senior menyatakan kekhawatiran reformasi tersebut, dengan merusak independensi dan legitimasi sistem peradilan, dapat membuat personel militer bertanggung jawab atas penyelidikan dan penuntutan atas kejahatan perang oleh ICC.

Kejahatan Perang

Protes yang diusulkan para pilot tersebut menuai kecaman dari Netanyahu, yang mengatakan, "Penolakan untuk bertugas mengancam fondasi keberadaan kita, dan karenanya tidak boleh ada tempat di jajaran kita."

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant juga mengkritik para pilot tersebut, sementara media Israel melaporkan kepala staf Israel, Letnan Jenderal Herzl Halevi, secara pribadi telah memberi tahu Netanyahu bahwa bahkan diskusi tentang penolakan untuk bertugas dapat membahayakan "kapasitas operasional" militer.

Setelah pertemuan dengan komandan skuadron dan pejabat angkatan udara, para cadangan mengatakan mereka akan mengikuti latihan tersebut.

“Kami sangat percaya kepada komandan kami. Kami akan terus melayani Negara Yahudi dan demokratis Israel selama diperlukan,” ujar pernyataan mereka.

Berkomentar pada Senin, Brigadir Jenderal Amichai Levine, komandan pangkalan udara Hatzerim, mengatakan sekitar setengah dari pilot yang ikut serta dalam serangan yang menewaskan Nasrallah adalah tentara cadangan.

Cinta untuk Israel

Levine menjelaskan, “Tidak seorang pun di Israel boleh meragukan cinta mereka untuk negara, kesediaan mereka untuk mengorbankan hidup mereka, dan bahkan mempertaruhkan hidup mereka untuk misi dekat dan jauh, saya pikir operasi ini menggarisbawahi hal itu.”

Levine mengatakan skuadron itu terus beroperasi “secara intensif dan signifikan” di Gaza, tempat serangan udara awal pekan ini menghantam gedung-gedung sekolah dan panti asuhan yang menampung orang-orang terlantar, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

“Selama 11 bulan, mereka telah bersiaga, terbang sepanjang waktu, dan mereka akan terus melakukannya selama perang berlangsung,” ujar Levine.

Peringatan bahwa reformasi yang merusak independensi sistem peradilan dapat menyebabkan penuntutan personel militer di pengadilan internasional juga terdengar dalam sidang komite Knesset pada Februari 2023.

Gilad Noam, wakil jaksa agung Israel, mengatakan kepada komite konstitusi parlemen bahwa pengadilan tinggi telah berfungsi sebagai "kubah besi" yang melindungi tentara dan pejabat dari potensi pengawasan.

Berdasarkan aturannya sendiri, yurisdiksi ICC hanya mencakup kasus-kasus yang dianggap bahwa sistem peradilan negara itu sendiri telah gagal atau tidak dapat menyelidiki dugaan pelanggaran dengan benar.

Ketika ditanya tentang konsekuensi reformasi bagi tentara Israel, Noam mengatakan, "Prestise pengadilan tinggi, dan sistem peradilan Israel secara keseluruhan, telah membantu kami dalam menangani inisiatif untuk mengajukan tuntutan terhadap Israel dan para pemimpinnya di Pengadilan Pidana di Den Haag."

Kekhawatiran serupa juga disuarakan organisasi-organisasi protes, yang menggambarkan sistem peradilan Israel sebagai "rompi antipeluru bagi perwira IDF terhadap hukum internasional".

Setelah Knesset meloloskan gelombang pertama reformasi peradilan pada Juli 2023, termasuk undang-undang yang disebut “kewajaran” yang mencabut kewenangan pengadilan untuk melakukan peninjauan ulang terhadap keputusan pemerintah, setidaknya 10.000 anggota cadangan menyatakan niat mereka untuk menangguhkan tugas mereka sebagai bentuk protes.

"Kurangnya sekitar 250 pilot tempur membuat Israel tidak kompeten, itu membuat saya takut," ujar seorang prajurit cadangan, yang berbicara kepada Middle East Eye saat itu dengan syarat anonim.

Tuhan Semua Orang

Undang-undang kewajaran dibatalkan oleh Mahkamah Agung Israel pada bulan Januari.

Orly Noy, kepala organisasi hak asasi manusia Israel B'tselem, mengatakan kepada MEE bahwa dorongan awal di balik demonstrasi massa tersebut adalah keinginan banyak orang untuk mempertahankan "demokrasi struktural" Israel guna melindungi hak dan keistimewaan yang diberikan oleh sistem tersebut kepada warga negara Yahudi di negara tersebut.

Namun, menghadirkan pengadilan Israel sebagai perisai yang melindungi tentara dari pengadilan internasional merupakan cara yang efektif untuk memperluas dukungan bagi gerakan protes, menurut dia.

"Tentara adalah Tuhan semua orang di Israel, jadi tidak kontroversial untuk menyatukan sebanyak mungkin orang di sekitarnya," papar Noy.

“Tentu saja, setelah perang di Gaza, hal itu menjadi hal yang sangat nyata dan dikatakan secara eksplisit oleh para pemimpin protes bahwa sekarang Mahkamah Agung secara harfiah adalah perisai untuk melindungi tentara Israel,” ujar dia.

Dia menjelaskan, “Dan, omong-omong, untuk melindungi pilot yang sama yang mengancam akan menolak memenuhi perintah militer mereka jika Netanyahu melanjutkan reformasi peradilan tetapi tidak berpikir dua kali ketika mereka dipanggil untuk mengebom warga sipil di Gaza. Jadi, inilah jenis demokrasi yang sedang kita bicarakan.”

Israel saat ini menjadi subjek penyelidikan oleh ICC atas tindakannya dalam perang di Gaza di mana lebih dari 41.000 warga Palestina telah dibunuh rezim kolonial Zionis, menurut kementerian kesehatan Palestina.

Israel juga menghadapi kasus terpisah di Mahkamah Internasional di mana rezim Zionis dituduh melakukan genosida, tuduhan yang dibantah Israel.

Karim Khan, kepala jaksa ICC, telah meminta pengadilan mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Netanyahu dan Gallant, serta untuk Pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

Khan juga meminta surat perintah penangkapan untuk dua pemimpin Hamas lainnya, Ismail Haniyeh dan Mohammed Deif, yang keduanya telah terbunuh.

Investigasi

Otoritas Palestina bergabung dengan ICC pada tahun 2015, yang memberinya yurisdiksi untuk menyelidiki dugaan kejahatan perang yang dilakukan pasukan Israel di wilayah pendudukan Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur meskipun Israel tidak mengakui pengadilan tersebut.

Namun, pemerintah Lebanon telah menghadapi kritik dari organisasi hak asasi manusia karena juga gagal mengakui yurisdiksi ICC, yang merupakan pendahulu yang diperlukan untuk menyelidiki dugaan kejahatan perang di Lebanon.

Pemerintah Lebanon telah menuduh Israel melakukan kejahatan perang di Lebanon sejak Oktober lalu, dan pada April mengumumkan akan mengajukan deklarasi kepada ICC yang menerima yurisdiksinya.

Namun, deklarasi tersebut tidak pernah diajukan, dan dalam pernyataan terbarunya, pemerintah Lebanon mengatakan akan mengajukan pengaduan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai gantinya.

Pada Rabu, menyusul laporan kematian enam tentara Israel dalam pertempuran dengan Hizbullah, Tomer Naor, kepala bagian hukum Gerakan untuk Pemerintahan Berkualitas di Israel, yang merupakan salah satu penyelenggara protes massa terhadap reformasi peradilan, menyerukan agar pemerintah Israel mendeklarasikan "zona pembantaian" di desa-desa di Lebanon selatan.

Dalam tulisannya di X, Naor mengatakan Israel harus memberi waktu 24 jam bagi penduduk setempat untuk mengungsi sebelum "meratakan" wilayah tersebut.

"Ini bukan Gaza, aturan main di sini seharusnya berbeda," ujar Naor.

Baca juga: Jet Tempur Israel Serang Bunker Hizbullah dengan 73 Ton Bom

Topik Menarik