Kunjungi Mongolia, Putin Temui Dukun untuk Minta Restu Gunakan Senjata Nuklir

Kunjungi Mongolia, Putin Temui Dukun untuk Minta Restu Gunakan Senjata Nuklir

Global | okezone | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 19:38
share

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin disebut-sebut sebagai salah satu pemimpin dunia yang memiliki perhatian khusus dan percaya terhadap mistisisme. Bahkan menurut beberapa sumber di Rusia, Putin kerap berkonsultasi dengan dukun sebelum membuat keputusan penting, misalnya terkait penggunaan senjata nuklir.

Putin dilaporkan mengunjungi dukun, yang mengaku dapat berkomunikasi dengan dunia spiritual, di Mongolia dan Siberia untuk membahas taktik militer, menurut seorang tokoh oposisi Rusia. Mikhail Zygar, pendiri saluran oposisi TV Dozhd mengatakan bahwa kunjungan Putin ke Mongolia bulan lalu salah satunya adalah untuk mengunjungi dukun di negara tersebut, yang dikenal ‘sakti’.

Pemimpin Rusia itu melakukan perjalanan berbahaya dengan mengunjungi Mongolia, yang merupakan anggota Mahkamah Pidana Internasional yang mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Putin tahun lalu. Namun, otoritas Mongolia tidak dapat menahan Putin karena ketergantungan negara itu pada pasokan energi Rusia yang sangat besar.

Menurut Zygar, alasan Putin melakukan kunjungan ke Mongolia adalah untuk berkonsultasi dengan dukun. Zygar bahkan menduga bahwa putin dalam perjalanan itu Putin meminta restu dari dukun untuk menggunakan senjata nuklir karena ia takut membuat ‘membuat marah roh-roh’.

“Mongolia dan Tuva dianggap sebagai rumah bagi dukun paling kuat di dunia,” kata Zygar sebagaimana dikutip Der Spiegel.

“Vladimir Putin telah lama dikenal karena sikap khususnya terhadap mistisisme. Dan dia tampaknya menggabungkan minatnya pada mistisisme Ortodoks dengan tradisi pagan.”

Zygar bahkan mengatakan Putin meminta nasihat para mistikus sebelum melancarkan invasinya ke Ukraina pada 2022.

“Mereka semua meyakinkannya akan kemenangan militer,” tulisnya.

Tahun lalu media pemerintah melaporkan kepala dukun Rusia, Kara-ool Dopchun-ool, meminta ‘matahari, bulan, dan bintang-bintang’ untuk melindungi pasukan Kremlin di Ukraina.

 

Mantan penulis pidato Kremlin Abbas Gallyamov mengatakan dia juga menerima informasi serupa, menurut laporan Metro.

Ia menulis di Telegram: “Selain menerima berkah untuk menggunakan senjata nuklir (senjata para dewa), Putin juga tertarik pada pertanyaan tentang umur panjangnya sendiri, serta reinkarnasi.

“Ia dikatakan sangat senang dengan pertemuan dan ritual yang dilakukan.”

Semua pertemuan dengan para dukun tersebut diselenggarakan oleh sekutu Putin, Mikhail Kovalchuk, yang baru-baru ini digambarkan oleh sebuah sumber Kremlin sebagai orang yang 'gila akan kehidupan abadi'.

Ini bukan pertama kalinya Putin dilaporkan telah memanfaatkan sisi mistiknya.

Pada 2019, dukun-pejuang Alexander Gabyshev ditangkap dan ditahan di bangsal psikiatri karena mencoba berjalan sejauh 5.000 mil melalui Siberia menuju Kremlin sehingga ia dapat 'mengusir setan Putin' pada 2021.

Pengacaranya, Alexander Pryanishnikov, mengatakan: “Saya benar-benar yakin bahwa tokoh-tokoh berpengaruh dalam penegakan hukum dan badan keamanan takut akan semua ancaman yang tidak sepenuhnya dapat dipahami dan tidak rasional yang terkait dengan ritual perdukunan ini.”

Gabyshev tetap dirawat di rumah sakit meskipun dianggap tidak membahayakan dirinya sendiri atau orang lain.

“Tampaknya alasan utama pihak berwenang tidak mengurangi tekanan padanya adalah ketakutan terhadap ritual dan adat istiadat,” kata Pryanishnikov.

Topik Menarik