Bukan Warga Israel yang Tewas Akibat Serangan Rudal Iran, tapi Justru 1 Penduduk Palestina

Bukan Warga Israel yang Tewas Akibat Serangan Rudal Iran, tapi Justru 1 Penduduk Palestina

Global | sindonews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 20:16
share

Seorang warga Gaza berusia 38 tahun, satu-satunya korban tewas yang diketahui dalam serangan rudal Iran terhadap Israel, dimakamkan pada hari Rabu.

Sameh Khadr Hassan al-Asali telah tinggal di kompleks pasukan keamanan Palestina di Tepi Barat yang diduduki ketika ia terbunuh oleh puing-puing rudal yang jatuh selama serangan hari Selasa, yang menurut Israel sebagian besar digagalkan oleh sistem pertahanan udaranya.

Sekitar 700 pekerja dari Gaza telah tinggal di Yerikho, di Lembah Yordan, sejak dimulainya perang di Gaza hampir setahun yang lalu.

Melansir Al Arabiya, tidak seperti warga Israel, yang masuk ke tempat perlindungan bom setelah sirene peringatan berbunyi di seluruh negeri, banyak warga Palestina di Tepi Barat keluar untuk menyaksikan rudal dan mengamati ledakan saat rudal dicegat oleh pertahanan udara Israel.

Rekaman video yang diambil dari kamera CCTV menunjukkan tabung logam besar jatuh dari langit dan mendarat di seorang pria yang sedang berjalan menyeberang jalan, yang tampaknya langsung membunuhnya.

Baca Juga: Panglima Militer Iran: Serangan Rudal ke Israel Akan Terus Dilanjutkan

Reuters dapat mengonfirmasi lokasi tersebut dari tata letak jalan, bangunan, tiang listrik, dan marka di tanah yang cocok dengan citra satelit di area tersebut. Tanggal diverifikasi dengan kode waktu.

Serangan rudal oleh Iran menandai fase baru yang berpotensi berbahaya dalam perang tersebut, yang dipicu oleh serangan yang dipimpin Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober tahun lalu dan diikuti oleh invasi Israel ke Gaza dan sejak itu berubah menjadi konflik yang lebih luas yang kini mengancam akan melibatkan Iran.

Serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober mendorong kelompok Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon untuk menembakkan serangkaian rudal ke Israel, dan kedua belah pihak telah terlibat dalam baku tembak lintas perbatasan setiap hari sejak saat itu.

Selama beberapa minggu terakhir, konflik telah memanas secara serius dengan Israel yang melakukan serangan udara terberat terhadap target-target di Lebanon sejak perang terakhir pada tahun 2006, dan Hizbullah menembakkan ratusan roket dan rudal ke Israel.

Topik Menarik