Tentara Israel Sebut Serangan ke Iran Sangat Serius dan Signifikan

Tentara Israel Sebut Serangan ke Iran Sangat Serius dan Signifikan

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 00:45
share

Militer Israel sedang merencanakan respons terhadap serangan rudal balistik Iran pada Selasa malam, dan memperingatkan pada Sabtu bahwa itu akan menjadi "serius dan signifikan."

Pasukan Pertahanan Israel telah mengatakan bahwa serangan Iran dengan sekitar 200 rudal balistik di negara itu akan "memiliki konsekuensi."

Serangan itu menyebabkan kerusakan di Israel, termasuk di pangkalan udara Israel, meskipun militer mengatakan bahwa tidak ada pesawat atau infrastruktur penting yang terkena serangan, dan Angkatan Udara Israel beroperasi dengan kapasitas penuh.

Militer pada hari Sabtu mengatakan bahwa respons terhadap serangan rudal Iran akan "serius dan signifikan," dan bahwa mereka mencurahkan banyak waktu untuk merencanakannya.

Pada hari Rabu, Kepala Staf IDF Letnan Jenderal Herzi Halevi mengatakan bahwa Israel akan menanggapi serangan rudal tersebut, bersumpah bahwa militer dapat "mencapai dan menyerang titik mana pun di Timur Tengah."

Rencana militer tersebut harus disetujui oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant.

Melansir Times of Israel, pada rapat kabinet keamanan di bunker aman dekat Yerusalem setelah serangan tersebut, Netanyahu memperingatkan bahwa Teheran telah membuat "kesalahan besar malam ini" dan bersumpah bahwa "mereka akan membayarnya."

Komentar dari IDF pada hari Sabtu muncul saat AS berusaha mencegah Israel menyerang infrastruktur nuklir atau minyak Iran sebagai bagian dari respons.

Presiden AS Joe Biden pada hari Jumat mengatakan Israel belum memutuskan bagaimana akan menanggapi serangan rudal balistik Iran, tetapi menyarankan agar menahan diri dari menyerang fasilitas minyak Iran.

"Jika saya berada di posisi mereka, saya akan memikirkan alternatif lain selain menyerang ladang minyak," kata Biden saat tampil langka di jumpa pers harian Gedung Putih.

Awal minggu ini, Biden mengatakan dia menentang Israel yang juga menargetkan situs nuklir Iran.

Pernyataan terbaru Biden muncul sehari setelah dia mengatakan gagasan serangan Israel terhadap situs minyak Iran "sedang dibahas," yang menyebabkan harga minyak melonjak di tengah kekhawatiran akan guncangan tiba-tiba pada pasokan global.

Namun, pada hari Sabtu, menteri perminyakan Iran Mohsen Paknejad mengatakan bahwa dia "tidak khawatir" tentang meningkatnya konflik di wilayah tersebut di tengah laporan bahwa Israel akan menyerang Iran, situs berita kementerian Shana mengatakan.

Komentar Paknejad dibuat selama kunjungan ke Assaluyeh, ibu kota energi Iran.

Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi juga mengindikasikan bahwa Iran ingin meredakan situasi, memperbarui seruan untuk gencatan senjata di Gaza dan Lebanon saat dia mengadakan pembicaraan dengan sekutu negaranya di Suriah.

"Masalah terpenting saat ini adalah gencatan senjata, terutama di Lebanon dan di Gaza," katanya kepada wartawan. "Ada inisiatif dalam hal ini, ada konsultasi yang kami harap akan berhasil."

Kunjungan Araghchi ke Damaskus, yang pertama sejak menjabat pada bulan Agustus, terjadi hampir setahun setelah kelompok teror Hamas yang didukung Iran menyerang Israel pada tanggal 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 251 orang serta memicu perang di Gaza.

Konflik tersebut juga melibatkan proksi Iran di Lebanon, Hizbullah, yang mulai menembakkan ribuan roket ke Israel pada tanggal 8 Oktober yang memaksa Israel untuk mengevakuasi ribuan penduduk dari dekat perbatasan.

Bulan lalu, Israel secara tajam mengintensifkan kampanyenya melawan Hizbullah karena berjanji untuk mengusir kelompok teror itu dari perbatasan dan mengizinkan penduduk untuk kembali ke rumah dengan selamat.

“Tujuan perjalanan saya ke Damaskus adalah untuk melanjutkan konsultasi mengenai perkembangan di kawasan tersebut,” kata Araghchi.

Pertemuannya di ibu kota Suriah menyusul kunjungannya ke Beirut pada hari Jumat, di mana ia menyuarakan dukungannya terhadap gencatan senjata di Lebanon yang dapat diterima oleh Hizbullah “bersamaan dengan gencatan senjata di Gaza.”

Namun, komentarnya sangat kontras dengan pernyataan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei yang mengatakan kelompok teror yang didukung Iran “tidak akan mundur.”

Khamenei menyampaikan khotbah Jumat yang langka untuk membela serangan rudal minggu ini terhadap Israel yang memperdalam ketakutan akan perang regional, sambil memuji invasi dan pembantaian 7 Oktober yang dipimpin Hamas di Israel selatan yang "logis dan sah".

Baca Juga: Militer Israel Bersiap Menyerang Iran

Berbicara di depan puluhan ribu orang di sebuah masjid di ibu kota Teheran, Khamenei mengatakan kelompok bersenjata yang didukung Iran di Timur Tengah "tidak akan mundur" bahkan setelah Israel baru-baru ini membunuh serentetan pemimpin teroris.

Dalam khotbah Jumat publik pertamanya dalam hampir lima tahun, Khamenei berbicara dalam bahasa Arab untuk membahas pertempuran melawan Israel oleh "poros perlawanan" yang berpihak pada Iran, termasuk Hizbullah Lebanon dan kelompok teror Palestina Hamas.

“Perlawanan di kawasan itu tidak akan mundur dengan kesyahidan ini, dan akan menang,” kata Khamenei kepada massa di Masjid Agung Imam Khomeini Mosalla, tempat para pendukung membawa potret para pemimpin Hizbullah dan Hamas yang terbunuh.

“Israel tidak akan pernah mengalahkan Hamas dan Hizbullah,” katanya.

Washington Post melaporkan pada hari Jumat bahwa sedikitnya dua lusin dari sekitar 200 rudal balistik yang ditembakkan Iran ke Israel pada hari Selasa berhasil menembus pertahanan udara dan menghantam atau mendarat di dekat sedikitnya tiga lokasi militer dan intelijen.

The Post mengatakan telah memverifikasi video yang menunjukkan 20 rudal menghantam pangkalan udara Nevatim di Israel selatan dan tiga rudal menghantam pangkalan Tel Nof di Israel tengah. Video lainnya menunjukkan sedikitnya dua rudal mendarat di dekat markas besar badan mata-mata Israel Mossad di Glilot.

Militer Israel pada hari Rabu mengakui bahwa beberapa pangkalan udaranya terkena serangan rudal balistik besar-besaran Iran di negara itu pada malam sebelumnya, tetapi menekankan bahwa tidak ada kerusakan yang disebabkan pada fungsi Angkatan Udara Israel.

IDF mengatakan bahwa mereka mengukur efektivitas serangan berdasarkan seberapa besar kerusakan yang terjadi pada infrastruktur dan aset penting, berapa banyak korban yang ditimbulkan, dan bukan berapa banyak rudal yang akhirnya mengenai sasaran. Pertahanan udara berhasil mencegah kerusakan dan korban besar tersebut, katanya.

Araghchi melakukan perjalanan ke Damaskus melalui udara setelah Lebanon mengatakan serangan udara Israel pada hari Jumat memutuskan jalan raya internasional utama yang menghubungkan kedua negara.

Israel mengatakan serangannya ditujukan untuk mencegah aliran senjata ke Hizbullah dari Iran melalui negara tetangga Suriah.

Iran telah menjadi sekutu setia Presiden Suriah Bashar al-Assad selama perang saudara yang meletus pada tahun 2011 setelah penindasan protes antipemerintah.

Israel telah memperingatkan bahwa setelah menghancurkan persediaan besar Hizbullah, mereka tidak akan membiarkan kelompok teror itu mempersenjatai kembali.

Pada hari Sabtu, sebuah penerbangan Qeshm Fars Air Iran dari Teheran, yang menuju Lebanon atau Suriah, melakukan putaran balik di atas wilayah udara Irak, menurut data dari situs pelacakan penerbangan.

Penerbangan itu diduga membawa senjata untuk Hizbullah, dan karena itu, IDF berupaya memperingatkannya untuk berbalik arah.

IDF mengatakan bahwa "blokade militer" terhadap Lebanon akan terus berlanjut, kemungkinan untuk waktu yang lama.

Sebagai bagian dari blokade, yang bertujuan untuk mencegah senjata Iran dikirim ke Hizbullah, IDF menyerang semua penyeberangan "militer" antara Lebanon dan Suriah — termasuk sebuah terowongan — dan juga menyerang penyeberangan sipil setelah Hizbullah mulai menggunakannya.

IDF juga telah memperingatkan bahwa mereka akan menggagalkan segala upaya Iran untuk mentransfer senjata ke Hizbullah melalui bandara sipil Beirut.

Secara terpisah, IDF diduga telah menyerang beberapa gudang di Suriah dalam beberapa hari terakhir, yang diyakini oleh militer telah digunakan untuk menyimpan senjata Iran yang akan dikirim ke Hizbullah.

 

Topik Menarik