Rencana Ukraina Kembangkan Senjata Nuklir Bikin Putin Ketar-Ketir

Rencana Ukraina Kembangkan Senjata Nuklir Bikin Putin Ketar-Ketir

Global | okezone | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 18:04
share

MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan cemas dengan rumor bahwa Ukraina diduga berencana mengembangkan senjata nuklir. Dia mengancam bahwa Rusia “tidak akan membiarkan” skenario seperti itu terjadi.

Putin menyebutkan bahwa ia menganggap diskusi tentang potensi pembuatan senjata nuklir di Ukraina sebagai sebuah provokasi.

Ia menyatakan bahwa menciptakan senjata nuklir di dunia modern "tidaklah sulit", namun bagi Ukraina, "tidak akan semudah itu".

“Ancaman seperti itu akan memicu reaksi yang tepat dari Rusia. Saya dapat segera mengatakan: Rusia tidak akan membiarkan hal ini terjadi dalam keadaan apa pun,” kata Putin, sebagaimana dilansir dari Meduza.

Dia juga mengklaim bahwa Rusia seharusnya mampu memantau setiap langkah Ukraina dalam menciptakan senjata nuklir.

Rumor tentang senjata nuklir

Pada 17 Oktober, Bild melaporkan, mengutip seorang pejabat Ukraina yang tidak disebutkan namanya, bahwa Ukraina berencana mengembangkan senjata nuklir jika Rusia memulai invasi lagi.

Pejabat tersebut menyatakan bahwa hanya perlu waktu beberapa minggu untuk mencapai hal ini, karena Ukraina memiliki keterampilan yang diperlukan. Namun, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat ditanya mengenai komentar pejabat tersebut menegaskan bahwa pengembangan senjata nuklir tidak dibahas.

"Kami tidak membuat senjata nuklir. Tolong, jangan sebarkan pesan-pesan ini," kata Zelensky.

Ukraina mewarisi senjata nuklir setelah pecahnya Uni Soviet, namun secara sukarela melepaskannya pada 1990-an dengan imbalan jaminan integritas teritorial mereka, sebuah kesepakatan yang disebut telah dilanggar Moskow dengan menginvasi wilayah Ukraina.

Topik Menarik