Politikus Muslim AS Pro-Palestina Diusir dari Kampanye Kamala Harris

Politikus Muslim AS Pro-Palestina Diusir dari Kampanye Kamala Harris

Global | sindonews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 17:14
share

Seorang politikus Muslim dari Partai Demokrat Ahmed Ghanim diusir dari kampanye calon presiden Demokrat AS Kamala Harris di Michigan.

Ahmed Ghanim, yang menentang dukungan AS untuk tindakan militer Israel, mengatakan pada Selasa bahwa ia telah menerima undangan ke acara tersebut dan duduk di Royal Oak Music Theatre sehari sebelumnya ketika seorang penyelenggara kampanye memerintahkannya untuk pergi, tanpa memberinya alasan.

“Dia membawa saya ke pintu, dan dia menutupnya, dan saya menemukan dua petugas polisi menunggu di sana, dan dia berkata, ‘Anda harus pergi sekarang juga,’” kata Ghanim.

“Saya bertanya mengapa dia mengusir saya. Dia tidak mau menjawab. Saya bertanya dengan sangat tenang mengapa saya diusir,” tambahnya.

Muslim Demokrat terkemuka itu mengatakan bahwa dia telah mengatakan kepadanya, ‘Baiklah,’ dan pergi, sementara seorang polisi berkata, ‘Anda pergi sekarang atau saya akan memasukkan Anda ke dalam mobil saya.’”

DNC berharap untuk menemukan jati dirinya kembali, tetapi itu adalah pengingat tahun pemilihan bahwa menggantungkan harapan pada Partai Demokrat untuk melakukan hal yang benar di Gaza adalah tujuan yang sia-sia.

Ghanim lebih lanjut mengatakan bahwa dia dan banyak Muslim lainnya merasa terasing oleh Partai Demokrat dan bahwa kampanye Harris akan terpengaruh olehnya.

“Mereka terus mengatakan bahwa mereka menginginkan Muslim dan orang Arab, tetapi kami bahkan tidak diterima di sebuah acara,” katanya, menekankan, “Jika itu terjadi pada saya, bayangkan apa yang akan terjadi pada Muslim lainnya.”

Baca Juga: Tentara Bayaran Akan Dikerahkan di Gaza setelah Israel Mundur

Ghanim mengunggah tentang momen menegangkan itu di media sosial, dengan mencatat bahwa banyak warga Amerika Muslim dan Arab marah kepada Demokrat karena hal itu.

“Ada ratusan warga Muslim yang melihat itu, dan mereka merasa tidak diterima di partai ini, jadi mengapa repot-repot?” katanya, dilansir Press TV.

Langkah itu dilakukan pada saat kampanye Harris berupaya mendapatkan kembali dukungan yang hilang di antara para pemilih Muslim dan Arab Amerika yang memiliki populasi besar di Michigan tenggara.

Mereka menolak mendukung Harris karena dukungannya terhadap Israel, yang telah melancarkan perang brutal di Gaza dan yang terbaru di Lebanon.

Dalam sebuah pernyataan Senin malam, seorang juru bicara kampanye Harris meminta maaf atas insiden itu, dengan mengatakan Ghanim diterima di acara-acara mendatang tanpa memberikan penjelasan mengapa ia disingkirkan.

"Kampanye kami menyesalkan tindakan ini dan dampaknya terhadap Dr. Ghanim dan komunitas, dan ia akan diterima di acara-acara mendatang. Kami menghargai hubungan kami dengan komunitas Muslim Amerika," kata Naomi Savin, wakil direktur komunikasi untuk tim Harris di Michigan.

Ghanim menjadi populer setelah ikut mendirikan Metro-Detroit Political Action Network, sebuah kelompok yang bersatu melawan larangan perjalanan Muslim oleh mantan Presiden AS Donald Trump dan bergerak untuk melawan ketidakadilan rasial, lingkungan, dan ekonomi lainnya.

Ia sebelumnya mencalonkan diri melawan tetapi kalah dari Haley Stevens, seorang pendukung setia Israel, untuk nominasi Demokrat pada bulan Agustus, berkampanye untuk menjadi perwakilan Distrik ke-11 berikutnya di Kongres.

Topik Menarik