SIG Raih 16 Penghargaan Good Mining Practice 2024 dari Kementerian ESDM

SIG Raih 16 Penghargaan Good Mining Practice 2024 dari Kementerian ESDM

Ekonomi | gresik.inews.id | Kamis, 3 Oktober 2024 - 22:20
share

iNewsGresik.id –  PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih 16 penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di ajang Good Mining Practice Award 2024. 

Kegiatan yang diinisisasi Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu (25/9/2024).

Sebanyak 16 Penghargaan yang diterima SIG yakni 8 diberikan kepada SIG Pabrik Tuban dan Pabrik Rembang. Kemudian 1 untuk PT Semen Padang, 2 untuk PT Semen Baturaja Tbk, dan 5 untuk pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) di Narogong, Tuban, dan Lhoknga.

Direktur Operasi SIG, Reni Wulandari, menyatakan bahwa SIG terus mengintegrasikan aspek keberlanjutan, termasuk lingkungan, kesejahteraan masyarakat, serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam setiap kegiatan pertambangan. 

 "Hal ini, Ini untuk meminimalkan dampak negatif dan menciptakan manfaat bagi pemangku kepentingan, " ujarnya. 

Reni menambahkan pada Pabrik Tuban, SIG menerapkan metode zero run off . Hal ini, untuk menjaga keseimbangan air bawah tanah dan inovasi reklamasi lahan menggunakan sistem alur, yang mencakup revegetasi 251,80 hektare dengan 526.563 pohon hingga tahun 2024. 

 "SIG juga menciptakan kawasan Ecopark Kambangsemi sebagai terobosan dalam pengelolaan lahan pascatambang dan pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program, seperti perkebunan, peternakan, dan keramba apung, " Jelasnya. 

Untuk mencapai zero accident, lanjutnya SIG menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) dan driving monitoring system (DMS) di seluruh armada tambangnya dan telah dilengkapi dengan fatigue sensor dan kamera di dalam kabin untuk mencegah kecelakaan kerja. 

"Upaya ini telah berhasil menjaga rekor nihil kecelakaan, penyakit akibat kerja (PAK), dan kejadian akibat penyakit tenaga kerja (KAPTK) hingga Agustus 2024," beber Reni. 

Masih kata Reni, SIG berkomitmen untuk terus mengedepankan praktik pertambangan berkelanjutan demi menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan. 

Diinformasikan, penghargaan yang diterima SIG meliputi:
2 Penghargaan Aditama, 2 Predikat Terbaik: Kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup untuk Pabrik Tuban  dan kategori Pengelolaan Keselamatan Pertambangan untuk Pabrik Tuban 

 Selanjutnya, 2 Penghargaan Utama: kategori Pengelolaan Keselamatan Pertambangan untuk Pabrik Rembang dan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan untuk Pabrik Tuban (SBI)

SIG juga menerima 10 Penghargaan Pratama: kategori 
Pengelolaan Lingkungan Hidup untuk Pabrik Rembang dan Narogong (SBI). 

Pengelolaan Konservasi Mineral untuk Pabrik Tuban, Rembang, dan Lhoknga (SBI). Pengelolaan Keselamatan Pertambangan untuk Pabrik Tuban, Rembang, PT Semen Padang, dan PT Semen Baturaja Tbk

Topik Menarik