Siap Test Track, LRT Velodrome-Manggarai bakal Beroperasi 2026

Siap Test Track, LRT Velodrome-Manggarai bakal Beroperasi 2026

Ekonomi | inews | Senin, 30 September 2024 - 22:02
share

JAKARTA, iNews.id - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) (Perseroda) melaporkan progres pembangunan LRT Fase 1B dari Velodrome-Manggarai mencapai 27,76 persen. Angka itu terhitung per minggu ketiga bulan September 2024. 

Menurut manajemen JakPro proyek jalur LRT yang menghubungkan Velodrome - Manggarai itu akan rampung pada tahun 2026 mendatang. Saat ini, pihaknya tengah uji coba jalur atau track testing.

Proyek LRT Jakarta Fase 1B dikerjakan dari dua sisi, yakni dari zona Velodrome – Pramuka dan zona Pramuka – Manggarai. Pembangunan jalur LRT Jakarta Fase 1B (Velodrome – Manggarai bertujuan mendukung Manggarai sebagai stasiun sentral.

Sementara itu, JakPro mengimbau warga dan pengguna jalan di sepanjang rute Velodrome-Manggarai terkait kemacetan yang terjadi. Hal ini sulit dihindari, mengingat pembangunan LRT Fase 1B berlangsung di jalan protokol yang menjadi penghubung utama antara kawasan Jakarta Timur - Jakarta Utara dengan Jakarta Pusat - Jakarta Selatan.

"Kami terus berupaya agar meminimalisir dampak kemacetan ini dengan berkoordinasi secara berkala dengan Dishub DKI Jakarta, Aparatur Kewilayahan setempat, maupun SKPD-SKPD terkait lainnya," bunyi keterangan resmi JakPro dikutip Senin (30/9/2024).

"Kami berkomitmen, pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ini mengutamakan keselamatan warga sekitar dan pengguna jalan. Karena itu, kami juga menghimbau bagi pengguna jalan untuk mencari alternatif rute lainnya, terutama di waktu waktu rush hour," jelas pengumuman itu.

Pembangunan LRT Fase 1B menapaki jarak sejauh 6,4 KM dengan rute dari Velodrome - Rawamangun. Rencananya terdapat 5 stasiun, yaitu Stasiun Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai. Ditargetkan dengan terbangunnya fase 1B ini nantinya akan membawa 80.000 penumpang per hari secara bertahap.

Topik Menarik