Heboh Saluran Air di Ciater Tangsel Tercemar Limbah, Dinas Lingkungan Cek Lokasi

Heboh Saluran Air di Ciater Tangsel Tercemar Limbah, Dinas Lingkungan Cek Lokasi

Terkini | inews | Senin, 30 September 2024 - 22:23
share

TANGSEL, iNews.id - Limbah pekat mengucur deras ke dalam saluran air yang mengarah ke pembuangan limbah di Ciater, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Limbah itu diduga berasal dari hasil pembuangan industri.

Pembuangan limbah itu viral di media sosial. Pantauan di lokasi, Senin (30/09/24) sore, limbah itu mengalir melalui lubang pembuangan. Warna limbah cukup pekat bercampur materi semen.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel memastikan limbah industri tak boleh dibuang langsung ke dalam saluran umum. Guna memastikan pelanggaran itu, pengawas akan melakukan pengecekan ke lokasi.

"Itu tidak boleh. Ini lokasi di mana? Biar staf pengawas cek ke lokasi dulu," kata Kepala Bidang  Pengendalian, Pencemaran dan Pengawasan Lingkungan (PPKL) DLH Kota Tangsel, Carsono.

Lokasi sekitar pembuangan dekat dengan area industri.Tampak tumpukan material berupa pasir beserta sejumlah unit truk operasional.

"Secara peraturan kita tidak memerbolehkan. Kita selalu mengawasi, cuman mungkin karena human error. Nanti kita kroscek dulu," tutur salah satu supervisor kawasan industri, Reynold.

Reynold juga mengatakan jika pejabat dari DLH Kota Tangsel kerap rutin datang ke perusahaannya guna berkordinasi. 

"Sering datang kesini," ujarnya.

Topik Menarik