Apa Itu Wakaf Saham? Investasi Sekaligus Beramal di Pasar Modal Syariah

Apa Itu Wakaf Saham? Investasi Sekaligus Beramal di Pasar Modal Syariah

Ekonomi | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 13:16
share

JAKARTA, iNews.id - Apa itu wakaf saham akan diulas dalam artikel ini. Instrumen pasar modal semakin berkembang dan semakin bervariasi, salah satunya kehadiran saham syariah. 

Wakaf saham atau saham syariah merupakan salah satu dari berbagai instrumen pasar modal yang semakin berkembang dan beragam. Meski demikian, berinvestasi di saham syariah tidak hanya menghasilkan keuntungan lebih dalam melalui wakaf saham.

Apa Itu Wakaf Saham

Lantas, apa yang dimaksud wakaf saham? Apa saja jenis objek yang dapat diwakafkan. Simak ulasannya sebagai berikut.

Menurut laman resmi Badan Wakaf Indonesia, wakaf saham adalah salah satu jenis wakaf yang paling menguntungkan di pasar modal dan termasuk dalam kategori aset bergerak. Mewakafkan saham adalah prosedur yang serupa dengan wakaf harta lainnya, tetapi harta yang diwakafkan adalah saham.

Namun, perlu diketahui tidak semua saham di pasar modal dapat diwakafkan. Saham syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan termasuk Indeks Saham Indonesia (ISSI) merupakan yang dapat diwakafkan.

Selain mewakafkan seluruh saham syariah, baik dividen maupun capital gain, Nazhir, atau lembaga pengelola Dana Wakaf, akan mengawasi aset wakaf. Aset wakaf akan digunakan untuk program pemberdayaan masyarakat di masa mendatang (mauquf alaih).

Peraturan pemerintah (PP) tentang pelaksanaan Undang-Undang (UU) Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf, Peraturan Menteri Agama No. 73 Tahun 2013, dan Fatwa MUI adalah beberapa contoh UU yang mendukung wakaf saham.

Investor memiliki kemampuan untuk melakukan transaksi di Shariah Online Trading System(SOTS), yang merupakan sistem transaksi saham syariah yang beroperasi secara online dan mengikuti prinsip pasar modal syariah. 

SOTS memiliki sertifikat DSN-MUI karena merupakan terjemahan dari fatwa DSN-MUI No. 80 tahun 2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah Dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas Di Pasar Reguler Bursa Efek.

Demikian ulasan apa itu wakaf saham yang merupakan bagian dari instrumen pasar modal khususnya saham syariah. Semoga menjadi pengetahuan baru bagi Anda.

Topik Menarik