Harga BBM Nonsubsidi, Cabai, hingga Telur Ayam Ras Sumbang Deflasi September 2024

Harga BBM Nonsubsidi, Cabai, hingga Telur Ayam Ras Sumbang Deflasi September 2024

Ekonomi | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 14:41
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi menjadi salah satu penyumbang inflasi September 2024 secara bulanan. Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menuturkan, deflasi yang terjadi pada bulan lalu didorong oleh deflasi komponen harga bergejolak dan harga diatur pemerintah. 

Amalia menuturkan, komponen harga diatur pemerintah mengalami deflasi sebesar 0,04 persen dengan andil deflasi 0,01 persen. 

"Komoditas yang dominan berikan andil deflasi pada komponen ini adalah bensin," kata Amalia dalam konferensi pers BPS, Selasa (1/10/2024).

Amalia menambahkan, komoditas bensin dan solar masing masing mengalami deflasi pada September 2024 dengan tingkat deflasi masing-masing 0,72 persen dan 0,74 persen.

"Penurunan harga bensin menyumbang deflasi dengan andil deflasi sebesar 0,04 persen dan tingkat deflasi bensin pada September 2024 kalau kita bandingkan dengan data-data sebelumnya ini relatif yang terdalam sejak desember 2023," kata dia.

Sementara, untuk komponen harga bergejolak mengalami deflasi 1,34 persen dan memberikan andil deflasi 0,21 persen. Komoditas yang dominan memberikan andil deflasi adalah cabai merah, cabai rawit, telur ayam ras, daging ayam ras, dan tomat.

Amalia menambahkan, pada September 2024 komponen inti masih mengalami inflasi 0,16 persen secara bulanan dan memberikan andil sebesar 0,10 persen.

"Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi pada komponen inti adalah kopi bubuk dan biaya akademi atau perguruan tinggi," ucap Amalia.

Topik Menarik