Pulihkan Kondisi Mental, Alwi Farhan Sempat Nonaktifkan Instagram

Pulihkan Kondisi Mental, Alwi Farhan Sempat Nonaktifkan Instagram

Olahraga | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 18:46
share

JAKARTA, iNews.id – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, sedang memulihkan kondisi mentalnya. Untuk itu, dia sempat menonaktifkan akun Instagram pribadinya. 

Atlet 19 tahun itu mengaku sempat kehilangan jati diri imbas pencapaian yang kurang memuaskan tahun ini. Pasalnya semenjak keluar dari level junior, Alwi mengalami adaptasi yang sulit di level senior.

Meski berstatus sebagai juara dunia junior 2023, Alwi belum menjuarai apapun tahun ini. Bahkan di ajang Indonesia Masters 2024 Super 100 di Pekanbaru, Alwi harus puas meraih posisi runner-up.

Situasi tersebut memukul mentalitas pebulu tangkis asal Surakarta tersebut. Karena itu, dia sempat menghilang dari dunia maya. Dia menonaktifkan Instagram demi memulihkan diri untuk meningkatkan mentalnya.

"Beberapa minggu ke belakang saya rasa saya sebenernya enggak terlalu memikirkan omongan-omongan. Tapi alangkah lebih baiknya untuk menjaga fokus saya dan saran dari pelatih juga, untuk sementara tidak bermain media sosial, jadi memutuskan untuk nonaktif sebentar," ucap Alwi saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Rabu (2/10/2024).

"Sebenarnya tidak ada masalah yang bagaimana juga, cuma ya belakangan mungkin saya harus mencari jati diri saya. Mental saya yang dulu kemungkinan belakangan ini, mungkin pelatih lihat hilang dari diri saya. Jadi saya coba mencari itu lagi," lanjutnya.

"Kadang menurut saya terlalu banyak melihat (media sosial) bisa membagi fokus kita jadi bercabang, jadi alangkah baiknya untuk ya stop dulu sementara. Jadi untuk ke depannya mungkin akan lebih bijak dan jadi pengalaman saya juga harus bertindak seperti apa," sambungnya.

Keputusan Alwi menonaktifkan media sosial terbilang berhasil. Perlahan dia sukses meraih hasil positif di Macau Open 2024 pekan lalu dengan menembus semifinal.

Pencapaian itu menjadi prestasi tersendiri bagi Alwi dalam kariernya. Sebab, ini menjadi semifinal perdana bagi Alwi di level Super 300. Kini, dia pun sudah mengaktifkan kembali akun Instagram-nya.

"Alhamdulillah kemarin di Makau. Enggak terlalu mikirin hasil, cuma dari progress untuk memperbaiki dirinya ada, jadi ya hasilnya mengikuti. Bisa dibilang semifinal Super 300 itu bonus aja," ucap Alwi.

Topik Menarik