Cerita Serma Agus Supriyanto, Anggota TNI dari Kodim Jombang yang Beternak Kambing dengan Sistem Bagi Hasil

Cerita Serma Agus Supriyanto, Anggota TNI dari Kodim Jombang yang Beternak Kambing dengan Sistem Bagi Hasil

Terkini | inews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 18:46
share

JOMBANG, iNews.id - Serma Agus Supriyanto, anggota TNI dari Kodim 0814 Jombang, mengelola peternakan kambing di halaman belakang kantornya. Dia bersama beberapa anggota TNI lainnya rutin merawat puluhan kambing tersebut setelah selesai bertugas.

"Pagi sebelum kita berangkat apel kita rawat dulu untuk pemberian pakan minum, setelah itu nanti siang kita istirahat, kita cek lagi. Setelah apel sore baru kita kasih makan, jadi sama sekali tidak mengganggu kegiatan anggota Kodim," kata Serma Agus, Jumat, 4 Oktober 2024.

Menurut Serma Agus, kambing-kambing ini bukan miliknya sendiri, tetapi milik para anggota Kodim lainnya yang dititipkan dan dibuat usaha bersama dengan sistem bagi hasil. Saat ini, total baru ada 20 ekor kambing yang ada di kandangnya.

"Ini kambing dari anggota Kodim Jombang. Jumlahnya untuk sementara betina 20 ekor jantan satu ekor. Tapi ada kemungkinan untuk bertambah," katanya.

Seluruh kambing tersebut betina dan uniknya semua kini sedang hamil. Serma Agus pun optimistis, dalam waktu dua hingga tiga bulan ke depan, jumlah kambingnya segera bertambah menjadi dua hingga tiga kali lipat.

"Nanti juga berjalannya waktu akan bertambah sampai kapasitas kandang ini sekitar 100 ekor," ujarnya.

Serma Agus Supriyanto juga menceritakan awal munculnya ide membuat usaha peternakan kambing. Ternyata, peternakan ini berawal dari keinginan para anggota untuk memiliki keterampilan usaha yang kelak dapat dimanfaatkan saat pensiun. 

Selama masih aktif menjadi anggota TNI, hasil dari usaha peternakan kambing ini dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesejahteraan mereka. Setelah pensiun nanti, usaha ini juga dapat dikembangkan secara mandiri.

"Tujuannya untuk ya meningkatkan kesejahteraan anggota anggota Kodim," ujarnya.

Hasil dari peternakan kambing ini juga dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat. Seperti saat Hari Raya Kurban misalnya, anggota bisa menyumbang kambing ke panti asuhan atau masjid di lingkungan tempat tinggalnya.

Topik Menarik