Aksi Bela Palestina di Jakarta, Massa Kritik Standar Ganda Amerika Serikat

Aksi Bela Palestina di Jakarta, Massa Kritik Standar Ganda Amerika Serikat

Terkini | inews | Minggu, 6 Oktober 2024 - 11:33
share

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP) menggelar demonstrasi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Minggu (6/10/2024). Mereka mengkritik standar ganda Amerika Serikat dalam menyikapi berbagai konflik.

AS dianggap telah membantu Israel dalam melakukan serangan ke Palestina.

"Boleh saja kita sebut kedutaan besar standar ganda dunia Amerika Serikat. Kita di sini menolak segala bentuk standar ganda, karena apa bedanya kita dengan saudara-saudara kita di Palestina. Ini bukan isu agama, gender, ini adalah isu kemanusiaan," kata koordinator aksi Abdullah Mudarik.

Dia menjelaskan, aksi ini dilakukan merujuk kepada Undang-Undang Dasar 1945 yang menyebutkan kemerdekaan adalah hak setiap bangsa. Aksi ini bentuk dukungan kepada konstitusi Indonesia dan juga warga Palestina.

"Sungguh ironi kita bisa berteriak merdeka dengan lantang, tapi saudara kita di Palestina belum mencicipinya," ujarnya.

Massa sebelumnya berkumpul di Patung Kuda Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, mulai pulul 05.30 WIB. Kemudian, mereka melakukan long march pukul 06.20 WIB, bergerak menuju Kedubes AS.

"Free... Free... Palestine!! Free... Free... Palestine!! From the river to the sea," ujar para peserta aksi.

Aksi long march ini dilakukan dengan menggambarkan suasana yang ada di Palestina. Barisan depan diisi dengan orang-orang yang mengenakan jubah putih yang diberi corak merah, sebagai penggambaran darah.

Topik Menarik