Duel Lawan Bahrain Dipimpin Wasit Kontroversial, Manajer Timnas Indonesia Beri Jawaban Berkelas

Duel Lawan Bahrain Dipimpin Wasit Kontroversial, Manajer Timnas Indonesia Beri Jawaban Berkelas

Olahraga | inews | Minggu, 6 Oktober 2024 - 20:25
share

JAKARTA, iNews.id- Manajer Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Sumardji memberikan jawaban berkelas soal penunjukkan wasit kontroversial yang akan memimpin duel melawan Bahrain. Dia meminta Timnas Indonesia percaya sepenuhnya dengan keputusan wasit.

Timnas Indonesia akan bersua dengan Bahrain dalam laga ketiga Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung pada Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB di Bahrain National Stadium, Riffa.

Pertandingan ini tentu sangat penting bagi perjalanan Skuad Garuda menuju Piala Dunia 2026. Sebab, Mees Hilgers dan kolega diharapkan bisa mendulang poin dari Bahrain.

Untuk laga ini, kabarnya wasit yang ditunjuk berasal dari Oman. Dia adalah Ahmed Al Kaf, yang akan dibantu oleh dua asisten wasit yaitu Abu Baker Al-Amri dan Rashid Al Gathi.

Ahmed Al Kaf akhir-akhir ini banyak diperbincangkan oleh publik karena dikenal sebagai wasit yang tegas dan mudah memberikan kartu para pemain. Salah satu contohnya ketika dia memimpin laga Liga Champions Asia pada Maret lalu antara Al Nassr vs Al Ain di mana dia mengeluarkan 10 kartu yang terdiri dari sembilan kartu kuning dan satu kartu merah.

Di samping itu, Ahmed Al Kaf juga dikenal sempat membuat keputusan kontroversial dalam laga Piala Asia U-23 2020 lalu. Kala itu, dia memimpin pertandingan antara Arab Saudi vs Thailand.

Al Kaf disebut menguntungkan Arab Saudi karena memberikan penalti setelah melihat VAR. Hasilnya, Thailand kalah dari negara Timur Tengah itu dengan skor 0-1.

Kendati demikian, Sumardji tak mau ambil pusing. Menurutnya, Indonesia juga harus tetap menaruh kepercayaan penuh kepada wasit yang sudah ditunjuk bahwa mereka tak akan berpihak.

“Gini, wasit ini juga menjadi perhatian kita secara khusus dan tentu kaitannya dengan itu kan, dengan kepemimpinan seorang wasit, baik itu (wasit) tengah maupun asisten wasit 1-2. Saya kira dengan situasi yang seperti ini, kami harus percaya bahwa wasit akan memimpin pertandingan itu dengan fair play,” kata Sumardji saat ditemui di Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

“Kenapa? Karena ini sama-sama ingin meraih satu tiket menuju Piala Dunia. Ya enggak mungkin lah masa wasit yang ditugaskan akan berpihak,” imbuhnya.

Sumardji menegaskan Timnas Indonesia tak akan tinggal diam jika terjadi kontroversi yang dibuat oleh sang pengadil. Dia memastikan PSSI bakal melayangkan protes.

“Saya kira, kalaupun memang itu terjadi (kontroversi), pasti akan kami lakukan protes seperti yang sudah-sudah,” pungkasnya.

Topik Menarik