KPK soal OTT di Kalsel: Uang Diduga Diterima Orang Kepercayaan Gubernur

KPK soal OTT di Kalsel: Uang Diduga Diterima Orang Kepercayaan Gubernur

Terkini | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 11:11
share

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Minggu (6/10/2024). Dalam OTT itu terungkap uang suap diduga diterima orang kepercayaan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

"Uang baru nyampe di tangan orang yang diduga kepercayaan gubernur," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata saat dihubungi wartawan, Senin (7/10/2024).

Dia menjelaskan, suap atau gratifikasi kerap tidak diserahkan secara langsung kepada penyelenggara negara, melainkan orang dekatnya. 

"Dalam banyak kasus memang suap atau gratifikasi diberikan lewat orang-orang kepercayaan dari penyelenggara negara," ujarnya. 

Diketahui, tim penyidik KPK menggelar OTT di Kalsel, Minggu (6/10/2024). Salah satu pejabat di Pemprov Kalsel ditangkap dalam operasi senyap tersebut.

"Benar, KPK melakukan giat penangkapan," kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron saat dikonfirmasi iNews, Minggu (6/10/2024).

Belum diketahui siapa saja yang diamankan dalam OTT tersebut. Namun, KPK saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap para pihak yang diamankan.

"Kejelasannya tunggu lebih lanjut kami masih sedang memeriksa, setelah selesai akan kami update," katanya.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan tersebut.

Topik Menarik