Imbas Larangan AS, Google Hapus Kaspersky dari Play Store

Imbas Larangan AS, Google Hapus Kaspersky dari Play Store

Terkini | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 12:37
share

JAKARTA, iNews.id - Aplikasi antivirus Kaspersky untuk Android telah dihapus dari Google Play Store. Langkah ini diduga telah diambil selama akhir pekan lalu. 

Selain didepak dari Play Store, akun developer Kaspersky juga telah dinonaktifkan dan dihapus menyusul larangan pemerintah Amerika Serikat (AS). 

"Department of Commerce’s Bureau of Industry and Security Amerika Serikat baru-baru ini mengumumkan berbagai pembatasan pada Kaspersky. Akibatnya, kami telah menghapus aplikasi Kaspersky dari Google Play," kata juru bicara Google sebagaimana dikutip dari Tech Radar, Selasa (8/10/2024). 

Dalam sebuah posting di forum resminya, Kaspersky mengatakan mengetahui masalah ini. Mereka sedang menyelidiki mengapa softwarenya tidak lagi tersedia di toko aplikasi Google.

"Download dan update produk Kaspersky untuk sementara tidak tersedia di Google Play Store. Kaspersky saat ini sedang menyelidiki keadaan di balik masalah ini dan mengeksplorasi solusi potensial untuk memastikan pengguna produknya dapat terus mengunduh dan memperbarui aplikasi mereka dari Google Play," kata karyawan Kaspersky.

Perusahaan mengatakan pengguna masih dapat mengunduh aplikasinya dari toko aplikasi alternatif, seperti Galaxy Store, Huawei AppGallery, dan Xiaomi GetApps, atau menginstal aplikasi dengan mengunduh file instalasi .apk dari situs web Kaspersky.

Langkah ini adalah masalah terbaru yang melanda raksasa keamanan. Mereka telah menghadapi masalah dalam beberapa bulan terakhir karena menghadapi sanksi AS menyusul kekhawatiran atas keamanan nasional. 

AS telah lama berpendapat software Kaspersky berisiko dimanipulasi oleh pemerintah Rusia untuk menyerahkan rahasia dan kontrol komputer, dan memerintahkan larangan penuh atas penjualan produknya pada awal 2024.

Perusahaan Rusia itu ditambahkan ke Daftar Entitas AS, yang terdiri atas “individu luar negeri, perusahaan, dan organisasi yang dianggap sebagai masalah keamanan nasional. Larangan penjualan produk Kaspersky mulai 20 Juli 2024.

Topik Menarik