Jokowi akan Hadiri Pelantikan Prabowo, Siapkan Acara Pisah Sambut di Istana

Jokowi akan Hadiri Pelantikan Prabowo, Siapkan Acara Pisah Sambut di Istana

Terkini | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 15:26
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto di DPR pada 20 Oktober 2024. Acara pisah sambut juga disiapkan di Istana.

"Insyaallah dateng. Jadi Pak Presiden memang sejak awal sudah mengatakan akan datang di pelantikan," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Pratikno menjelaskan secara aturan kenegaraan tidak ada kewajiban bagi Jokowi untuk menghadiri pelantikan Prabowo di DPR. 

Namun, kehadiran Jokowi pada pelantikan presiden terpilih telah dilakukan pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jadi kalo aturan nggak ada. Tapi kan selama ini juga hadir pada waktu tahun 2014 Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Boediono hadir," tuturnya.

Pratikno mengungkapkan nantinya Jokowi akan bertemu langsung Prabowo di DPR pada saat pelantikan. Setelahnya, Jokowi akan terlebih dahulu tiba di Istana Merdeka untuk mempersiapkan acara pisah sambut.

"Nah karena Pak Presiden kan nanti acaranya kan pisah sambut ya. Jadi setelah pelantikan di DPR rencananya Pak Presiden ke-7 akan lebih dulu berangkat ke Istana Merdeka. Kemudian nanti Pak Presiden Prabowo menyusul. Acara pisah sambut," tuturnya.

Topik Menarik