Kronologi Kecelakaan Beruntun 6 Kendaraan di Tanah Datar, Truk Alat Berat Rem Blong

Kronologi Kecelakaan Beruntun 6 Kendaraan di Tanah Datar, Truk Alat Berat Rem Blong

Terkini | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 19:49
share

TANAH DATAR, iNews.id - Kecelakaan beruntun melibatkan enam kendaraan terjadi di jalur lintas Padang Panjang-Bukittinggi, tepatnya di daerah Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Selasa (8/10/2024). Kendaraan yang terlibat, yaitu dua truk, dua minibus dan dua sepeda motor.

Kapolres Padang Panjang, AKBP Kartyana menjelaskan, kronologi kejadian berawal saat truk pengangkut alat berat berpelat nomor BK 8709 WP melaju dari arah Bukittinggi. Saat melintas di daerah Koto Tuo, kata dia sistem pengereman truk bermasalah atau blong.

Sopir truk bernama Ricky Pratama asal Tebing Tinggi kemudian berupaya mengendalikan kendaraannya. Upaya tersebut gagal karena laju truk yang cukup kencang di jalan menurun. 

"Kronologinya ada kendaraan pengangkut alat berat dari arah Bukittinggi menuju padang panjang. Begitu di TKP Kuto Tuo, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, rem truk blong," ujar AKBP Kartyana di lokasi.

Dia menuturkan, truk alat berat itu kemudian menghantam dua angkutan umum yang tengah mengangkut penumpang. Benturan keras, lanjut dia menyebabkan kedua angkutan umum tersebut terpental ke sisi kiri jalan.

Menurutnya, truk pengangkut alat berat tersebut lalu menabrak dua sepeda motor yang sedang melintas dan menghantam truk kontainer berpelat nomor BA 8803 QU yang dikemudikan oleh Arnes, warga Padang. 

Dia menyampaikan, truk baru berhenti setelah menabrak tebing di sisi kanan jalan. "Kemudian truk yang rem blong membanting stir ke arah kanan sehingga terperosok ke dalam selokan yang ada di sebelah kanan jalan dan baru bisa berhenti," katanya.

Dalam kecelakaan itu 10 orang terluka dan dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Ibnu Sina Yarsi Padang Panjang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang untuk mendapatkan perawatan medis.

Topik Menarik