5 Contoh Teks MC Pernikahan yang Simpel dan Mudah Dihafalkan 

5 Contoh Teks MC Pernikahan yang Simpel dan Mudah Dihafalkan 

Terkini | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 21:04
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks MC pernikahan berikut ini bisa jadi referensi. Khususnya bagi kamu yang dipercaya untuk menjadi Master of Ceremony (MC) atau pembawa acara di hari membahagiakan tersebut.

Pernikahan merupakan suatu hal yang membahagiakan bagi setiap pasangan. Sebab, di momen istimewa ini dua insan manusia saling mengucapkan janji setia di depan penghulu dan sah secara agama. 

Mengetahui betapa pentingnya suatu acara pernikahan, maka tak salah jika panitia acara menunjuk seorang MC yang dapat memandu acara agar berlangsung dengan khidmat dan penuh makna. Selain itu, didukung pula dengan teks MC pernikahan yang bagus namun mudah untuk diucapkan. 

Melansir berbagai sumber, Selasa (8/10/2024), berikut contoh teks MC pernikahan yang bisa dijadikan sebagai inspirasi.

Contoh Teks MC Pernikahan

1. Contoh Teks MC Pernikahan 1

Pembukaan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat malam, sahabat-sahabat yang terhormat! Marilah kita bersama-sama merayakan pernikahan yang penuh cinta dan kebahagiaan. Saya, [Nama Anda], akan menjadi teman perjalanan kita dalam momen indah ini. Tanpa basa-basi lagi, mari kita merayakan cinta yang akan terus berkembang di antara [Nama Pengantin Pria] dan [Nama Pengantin Wanita].

Pemaparan tentang Pasangan

Sebelum kita terlalu jauh, mari kita kenali lebih dekat pasangan ini. [Nama Pengantin Pria] adalah pribadi yang [deskripsi positif], sedangkan [Nama Pengantin Wanita] dikenal sebagai [deskripsi positif]. 

Bersama, mereka membentuk pasangan yang tak hanya romantis, tapi juga penuh semangat. Hari ini, kita menyaksikan awal dari perjalanan luar biasa mereka sebagai suami dan istri.

Cerita Cinta

Sebentar, mari kita saksikan kilas balik kisah cinta yang membawa mereka sampai ke pelaminan. Kisah yang penuh tawa, mimpi bersama, dan tentu saja, cinta yang tumbuh seperti bunga yang mekar.

Akad Nikah

Dan sekarang, sahabat-sahabat, saat yang paling ditunggu telah tiba. Mari kita sambut dengan gembira pelaksanaan akad nikah mereka. Saya mengundang [Nama Penghulu/Nama Pemimpin Akad Nikah] untuk melangsungkan akad ini.

Prosesi Akad Nikah

- Pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh [Nama Pembaca Ayat]
- Sambutan dari [Nama Penghulu/Pemimpin Akad Nikah]
- Ijab Qabul oleh kedua mempelai
- Pertukaran cincin
- Doa dan restu dari keluarga kedua belah pihak

Sambutan

Setelah prosesi yang sakral tadi, mari kita dengarkan beberapa kata dari keluarga dan tentu saja, kedua mempelai. Pertama-tama, saya undang [Nama Orang Tua Pengantin Pria] untuk memberikan sambutan.

Sambutan Orang Tua Pengantin Pria

[Kata-kata Sambutan]

Sambutan Orang Tua Pengantin Wanita

[Kata-kata Sambutan]

Sambutan Pengantin Pria

[Kata-kata Sambutan]

Sambutan Pengantin Wanita

[Kata-kata Sambutan]

Hiburan

Untuk menjaga semangat perayaan, kami telah menyiapkan beberapa penampilan istimewa. Mari kita sambut [Nama Penyanyi/Grup Musik/Penari] yang akan memeriahkan malam ini.

Pemberian Makan Malam

Sebagai kelanjutan acara, mari kita nikmati hidangan lezat yang telah disiapkan. Mohon bersabar, sebentar lagi kita akan memulai pemberian makan malam.

Doa Penutup

Sebelum kita mengakhiri acara, mari kita tutup dengan doa. Saya mengundang [Nama Ustad/Pendeta/Pemimpin Keagamaan] untuk memberikan doa penutup.

[Doa Penutup]

Terima kasih kepada semua yang telah hadir dan ikut serta dalam momen bersejarah ini. Semoga kebahagiaan senantiasa menyertai [Nama Pengantin Pria] dan [Nama Pengantin Wanita] dalam perjalanan hidup mereka. Sampai jumpa di acara berikutnya. Terima kasih, dan selamat malam!

2. Contoh Teks MC Pernikahan 2

Pembukaan

Selamat malam, sahabat-sahabat yang terkasih! Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Saya [Nama Anda], dengan senang hati akan menjadi teman perjalanan kita dalam merayakan pernikahan yang sangat istimewa ini. Tanpa basa-basi lagi, mari kita merayakan cinta sejati [Nama Pengantin Pria] dan [Nama Pengantin Wanita].

Pemaparan tentang Pasangan

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita kenali lebih dekat kedua mempelai kita. [Nama Pengantin Pria] dikenal dengan [karakteristik positif], sementara [Nama Pengantin Wanita] adalah sosok yang [karakteristik positif]. Bersama-sama, mereka membentuk pasangan yang modern, kreatif, dan penuh cinta. Hari ini adalah awal dari perjalanan indah mereka bersama.

Cerita Cinta

Apa yang lebih menakjubkan daripada kisah cinta sejati? Mari kita menyelami cerita cinta [Nama Pengantin Pria] dan [Nama Pengantin Wanita], yang penuh dengan tawa, kisah bersama, dan tentu saja, cinta yang begitu dalam.

Akad Nikah

Tanpa banyak kata lagi, mari kita saksikan momen paling sakral, akad nikah mereka. Saya undang [Nama Pemimpin Akad Nikah] untuk melangsungkan prosesi sakral ini.

Prosesi Akad Nikah

- Pembacaan ayat suci oleh [Nama Pembaca Ayat]
- Sambutan dari [Nama Pemimpin Akad Nikah]
- Ijab Qabul oleh kedua mempelai
- Pertukaran cincin
- Doa dan restu dari keluarga kedua belah pihak

Sambutan

Setelah momen yang begitu berkesan, mari kita dengarkan kata-kata penuh makna dari keluarga dan kedua mempelai.

Sambutan dari Keluarga Pengantin Pria

[Kata-kata Sambutan]

Sambutan dari Keluarga Pengantin Wanita

[Kata-kata Sambutan]

Sambutan dari Pengantin Pria

[Kata-kata Sambutan]

Sambutan dari Pengantin Wanita

[Kata-kata Sambutan]

Hiburan

Untuk memeriahkan suasana, kami telah menyiapkan penampilan istimewa. Mari kita sambut dengan hangat [Nama Penyanyi/Band/Penari], yang akan membuat malam ini semakin tak terlupakan.

Pemberian Makan Malam

Sementara kita menikmati momen ini, mari kita bersiap-siap untuk menikmati hidangan lezat yang telah disiapkan. Pelayan makanan, silakan memulai pemberian hidangan.

Doa Penutup

Sebelum kita mengakhiri acara, mari kita tutup dengan doa bersama. Mohon [Nama Ustad/Pendeta/Pemimpin Keagamaan] untuk memberikan doa penutup.

[Doa Penutup]

Terima kasih kepada semua yang telah hadir dan turut serta membuat malam ini begitu spesial. Semoga cinta dan kebahagiaan selalu menyertai perjalanan [Nama Pengantin Pria] dan [Nama Pengantin Wanita]. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat malam!

3. Contoh Teks MC Pernikahan 3

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Opening

Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan Yang Maha Esa, pencipta alam semesta. Salam sejahtera dan salam cinta kami sampaikan kepada hadirin sekalian. Kita berkumpul di sini, di tempat yang penuh berkah dan cinta, untuk merayakan ikatan suci antara dua insan yang telah dipersatukan dalam ikatan pernikahan.

Sambutan Pembuka

Sebelum kita memulai acara ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya yang memungkinkan kita hadir di momen yang begitu istimewa ini. Mari kita merenung sejenak dan bersyukur atas karunia-Nya.

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Sebagai tanda keberkahan acara ini, mari kita membuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran. Saya mempersilakan [Nama Pembaca Al-Quran] untuk membacakan beberapa ayat pilihan dari kitab suci kita.

Sambutan Keluarga

Selanjutnya, mari kita dengarkan sambutan dari keluarga kedua mempelai. Menggambarkan perasaan sukacita dan haru dalam menyambut keluarga baru yang akan bergabung melengkapi kehidupan mereka.

Cerita Cinta

Kita akan mendengar cerita cinta yang telah membawa dua hati ini untuk bersatu dalam ikatan suci pernikahan. Saya mempersilakan [Nama Pembicara] untuk berbagi kisah indah ini dengan kita semua.

Akad Nikah

Sekarang, saat yang sangat dinanti-nantikan, saat bersejarah di mana kita akan melaksanakan akad nikah. Saya mengundang [Nama Penghulu/Nikah] untuk memimpin prosesi sakral ini.

Penyampaian Mahar dan Ijab Kabul

Saat ini, mari kita saksikan penyampaian mahar dari pihak mempelai pria kepada pihak mempelai wanita. Saya mempersilakan [Nama Wakil Pihak Pria] untuk menyampaikan mahar ini.

Selanjutnya, mari kita dengarkan ijab kabul dari pihak mempelai wanita. Saya mempersilakan [Nama Wakil Pihak Wanita] untuk menyampaikan ijab kabul dengan penuh kebahagiaan.

Doa dan Restu

Sebelum kita melanjutkan ke acara selanjutnya, marilah kita panjatkan doa bersama agar Allah SWT memberikan berkah dan keberkahan atas pernikahan yang baru saja dijalankan ini. Saya mempersilakan [Nama Pendakwah/Imam] untuk membimbing kita dalam doa.

Pemberian Tanda Cincin

Selanjutnya, kita akan melanjutkan dengan pemberian tanda cincin sebagai lambang kesetiaan dan janji abadi. Saya mempersilakan mempelai pria, [Nama Pria], untuk memberikan cincin kepada mempelai wanita, [Nama Wanita], sebagai tanda cinta dan ikatan yang tak terputus.

Tausiyah dan Nasehat

Sebelum kita menuju ke sesi perayaan, mari kita dengarkan tausiyah dan nasehat dari [Nama Penceramah], yang akan memberikan pandangan dan nasihat yang bermanfaat untuk kedua mempelai dan kita semua.

Pembacaan Doa Penutup

Sebelum kita melanjutkan ke resepsi dan acara selanjutnya, marilah kita tutup dengan doa. Saya mengundang [Nama Pembaca Doa] untuk membacakan doa penutup, semoga acara ini diberkahi dan diterima di sisi Allah SWT.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua hadirin yang telah ikut menyaksikan dan memberikan doa restu. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Contoh Teks MC Pernikahan 4

Pembukaan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua. Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas izin-Nya, kita dapat berkumpul di acara yang penuh berkah ini. Pada kesempatan yang mulia ini, kami sebagai MC, dengan senang hati, menyambut kehadiran semua hadirin, keluarga, dan sahabat-sahabat yang hadir untuk merayakan momen indah dalam ikatan suci pernikahan.

Penyambutan

Sebelum kita melangkah lebih jauh, izinkan kami untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua belah pihak keluarga yang telah menyelenggarakan acara pernikahan ini. Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi seluruh keluarga, sahabat, dan undangan yang turut meramaikan acara ini.

Pemberian Selamat

Selanjutnya, mari kita bersama-sama memberikan selamat kepada kedua mempelai, [Nama Mempelai Pria] dan [Nama Mempelai Wanita], yang pada hari ini resmi menyatukan dua hati menjadi satu dalam ikatan pernikahan. Semoga kebersamaan ini membawa kebahagiaan dan keberkahan, serta menjadi awal dari perjalanan hidup yang penuh cinta dan kesetiaan.

Doa Bersama

Sebelum kita lanjutkan acara, mari kita panjatkan doa bersama, semoga pernikahan yang akan dijalani oleh [Nama Mempelai Pria] dan [Nama Mempelai Wanita] ini diridhoi oleh Allah SWT, dipenuhi keberkahan, dan diberikan kelancaran serta kebahagiaan.

Acara Utama

Selanjutnya, kita akan memasuki rangkaian acara utama. Pertama-tama, mari kita nikmati penampilan dari [Nama Penampil/Penyanyi] yang akan memberikan hiburan istimewa untuk kita semua.

Setelah itu, kami akan mendengarkan kata-kata mutiara dari kedua mempelai yang akan menuangkan harapan dan janji cinta mereka satu sama lain.

Tukar Cincin

Dan sekarang, saat yang ditunggu-tunggu, mari kita saksikan prosesi tukar cincin sebagai lambang kesetiaan dan janji suci di antara kedua mempelai. [Nama Mempelai Pria], silakan berikan cincinmu kepada [Nama Mempelai Wanita], sebagai bukti cinta dan komitmenmu.

Doa Pernikahan

Sebelum kita melangkah ke acara selanjutnya, mari kita dengarkan doa pernikahan yang akan dipimpin oleh [Nama Pemuka Agama], semoga pernikahan ini diberkahi dan menjadi langkah awal menuju kehidupan yang penuh berkat.

Ucapan Selamat dan Harapan

Kini, mari kita berikan ucapan selamat kepada kedua mempelai. Semoga rumah tangga yang dibangun hari ini menjadi saksi kebahagiaan, keberhasilan, dan keabadian cinta di antara kalian berdua. Mari kita sampaikan harapan terbaik kita untuk keluarga baru ini.

Pengumuman Resmi

Dengan ini, saya menyatakan bahwa [Nama Mempelai Pria] dan [Nama Mempelai Wanita] sah secara hukum dan agama sebagai suami dan istri. Selamat untuk kalian berdua!

Penutup

Terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta menjadikan acara ini begitu istimewa. Mari kita lanjutkan acara dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

5. Contoh Teks MC Pernikahan 5

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Opening

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah SWT, Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW, keluarga, dan para sahabatnya. Selamat datang dan marhaban ya sahabat-sahabat yang hadir di perhelatan bahagia hari ini.

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Untuk memulai acara ini dengan barakah, mari kita sama-sama mendengarkan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran. Saya mengundang [Nama Pemimpin Pembacaan Quran] untuk membacakan ayat-ayat pilihan.

Sambutan Pembuka

Terima kasih telah hadir di acara yang penuh keberkahan ini. Hari ini, kita berkumpul untuk menyaksikan ikatan yang suci antara dua insan yang telah dipertemukan oleh takdir dan diizinkan oleh-Nya. Mari kita sambut kedua mempelai dengan tulus dan hangat.

Pernyataan Niat dan Akad Nikah

Sekarang, mari kita langsung menuju kepada akad nikah yang mulia ini. Saya mengundang [Nama Penghulu/Nikah] untuk membimbing prosesi sakral ini. Mari kita saksikan pernyataan niat dari kedua mempelai.

Membacakan Ijab dan Qabul

Sekarang, saya mengajak [Nama Penghulu/Nikah] untuk membacakan ijab kabul, yang merupakan inti dari akad nikah ini. Mari kita dengarkan dengan khusyuk.

Saksi dan Tanda Tangan Akad Nikah

Alhamdulillah, akad nikah telah dilaksanakan dengan lancar. Sekarang, mari kita sambut keluarga dan sahabat yang telah bersedia menjadi saksi pernikahan ini. Mohon para saksi untuk menandatangani akad nikah sebagai bentuk kesaksian sah.

Doa dan Restu

Saudara-saudari yang terhormat, saat yang dinanti telah tiba. Sebelum kita melanjutkan, mari kita bersama-sama memanjatkan doa agar pernikahan ini diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Saya mengundang [Nama Ustadz/Pengasuh] untuk membacakan doa.

Tukar Cincin

Dengan doa dan restu yang telah kita panjatkan, kini saatnya untuk melanjutkan prosesi tukar cincin. Mari kita saksikan momen bersejarah ini, di mana kedua mempelai saling bertukar cincin sebagai tanda cinta dan kesetiaan.

Sambutan Keluarga

Selanjutnya, mari kita dengarkan sambutan dari pihak keluarga kedua mempelai. Saya memberikan kesempatan kepada [Nama Keluarga Pihak Laki-laki] untuk menyampaikan sambutan.

Sambutan Teman

Selanjutnya, mari kita dengarkan sambutan dari teman dekat atau sahabat baik kedua mempelai. Saya mengundang [Nama Teman Pihak Perempuan] untuk menyampaikan kata-katanya.

Pidato Pengantin

Kepada kedua mempelai, saat ini adalah momen yang dinanti-nantikan. Mohon kesempatan bagi [Nama Pengantin Laki-laki] dan [Nama Pengantin Perempuan] untuk menyampaikan pidato singkat mereka.

Pembagian Makanan

Sebagai tanda rasa syukur, pihak keluarga akan membagikan makanan kepada seluruh tamu yang hadir. Mari kita saling berbagi kebahagiaan dan kelezatan dalam hidangan yang telah disediakan.

Doa Penutup

Seiring berakhirnya acara pernikahan ini, mari kita tutup dengan doa penutup. Saya mengundang [Nama Ustadz/Pengasuh] untuk memberikan doa penutup.

Terima kasih kepada semua yang telah hadir dan ikut serta dalam merayakan kebahagiaan ini. Semoga pernikahan ini diberkahi dan menjadi awal dari kehidupan yang penuh kebahagiaan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian ulasan mengenai contoh teks MC pernikahan. Semoga menginspirasi!

Topik Menarik