Rafael Nadal Umumkan Pensiun usai Final Piala Davis Bulan Depan

Rafael Nadal Umumkan Pensiun usai Final Piala Davis Bulan Depan

Olahraga | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 08:55
share

MADRID, iNews.id - Petenis legendaris Rafael Nadal mengumumkan niatnya akan pensiun setelah Final Piala Davis bulan depan. 

Atlet 38 tahun itu akhirnya memutuskan gantung raket karena tak kuasa diganggu dengan rentetan cedera. Terkini, petenis yang memenangkan rekor 14 gelar Prancis Terbuka selama 23 tahun kariernya itu mengalami cedera pinggul yang memerlukan operasi dan membatasi penampilannya pada tahun 2023.

Nadal merupakan pilihan yang mengejutkan untuk Final 8 Piala Davis pada 19-24 November di Malaga. Padahal, dia terakhir kali berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 Juli lalu, dan kemudian absen di AS Terbuka dan Piala Laver karena masalah kebugaran.

"Saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa saya pensiun dari tenis profesional," kata Nadal dalam sebuah video yang diunggah di media sosial, dikutip dari Flash Score, Jumat (10/10/2024).

"Kenyataannya, tahun-tahun ini memang sulit, terutama dua tahun terakhir. Saya rasa saya tidak bisa bermain tanpa keterbatasan,” ucapnya. 

"Ini jelas keputusan yang sulit, yang butuh waktu lama bagi saya untuk membuatnya. Tetapi dalam hidup ini, semuanya memiliki awal dan akhir, dan saya rasa ini saat yang tepat untuk mengakhiri karier yang sudah lama dan jauh lebih sukses dari yang pernah saya bayangkan," tutur mantan petenis nomor satu dunia itu.

Nadal tercatat telah memenangkan dua gelar Australia Terbuka, dua titel Wimbledon, dan empat trofi AS Terbuka ditambah medali emas Olimpiade dan empat Piala Davis di samping beberapa gelar Prancis Terbuka. Dia mengatakan mengakhiri kariernya dengan warna Spanyol di ajang beregu terasa tepat.

Piala Davis Jadi Turnamen Terakhir

Di Piala Davis, Nadal akan kembali bertemu dengan juara utama empat kali Carlos Alcaraz setelah keduanya bermain bersama di Olimpiade Paris.

"Saya sangat gembira bahwa turnamen terakhir saya akan menjadi final Piala Davis dan mewakili negara saya," ujar Nadal.

"Saya rasa saya telah kembali ke titik awal sejak salah satu kegembiraan besar pertama saya sebagai seorang profesional. 

"Saya merasa sangat, sangat beruntung atas semua hal yang telah saya alami,” ucapnya. 

Berbagai macam cedera mengakrabi Nadal dalam 23 tahun kariernya. Namun, masalah kecil dan alasan kebugaran membatasi dia hanya bermain dalam 23 pertandingan dalam dua musim terakhir.

Dijuluki Raja Tanah Liat

Nadal dijuluki 'Raja Tanah Liat' karena rekor menang-kalahnya yang mencengangkan 112-4 di turnamen besar Paris. Kemenangan terakhir Nadal di Roland Garros terjadi pada tahun 2022.

Nadal akan pensiun dua tahun setelah rival beratnya Roger Federer. Tak pelak, pemenang turnamen besar 24 kali, Novak Djokovic, menjadi satu-satunya anggota 'Tiga Besar' yang masih aktif.

Federer memimpin penghormatan kepada Nadal di media sosial, dengan mengatakan dia berharap hari ketika temannya mengumumkan pengunduran dirinya tidak akan pernah tiba.

"Karier yang luar biasa, Rafa ... Terima kasih atas kenangan yang tak terlupakan dan semua pencapaian luar biasa Anda dalam permainan yang kita cintai. Ini merupakan kehormatan yang mutlak!" kata legendaris ttenis asal Swiss itu.


Terima Kasih Khusus Nadal

Nadal berterima kasih kepada keluarga dan timnya atas kariernya yang cemerlang. Dan terima kasih khusus dialamatkan untuk pamannya Toni, yang merupakan pelatihnya selama sebagian besar waktunya di lapangan.

"Saya yakin berkat dia, saya juga mampu mengatasi banyak situasi yang sulit dalam karier olahraga saya," katanya.

Tak lupa, kepada para fans, Nadal berkata juga mengirimkan pesan.

"Saya tidak bisa cukup berterima kasih atas apa yang telah Anda buat. Semua yang saya alami adalah mimpi yang menjadi kenyataan," tuturnya.

"Saya pergi dengan ketenangan pikiran yang mutlak karena telah memberikan yang terbaik," ucapnya.

Topik Menarik