Deretan Jurusan Kuliah Anak IPA yang Peluang Kerjanya Besar, Tertarik?

Deretan Jurusan Kuliah Anak IPA yang Peluang Kerjanya Besar, Tertarik?

Berita Utama | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 07:40
share

JAKARTA, iNews.id - Deretan jurusan kuliah anak IPA yang peluang kerjanya besar ini menarik untuk disimak. Siswa IPA memiliki banyak pilihan jurusan kuliah yang menawarkan prospek karier yang bagus.

Jurusan-jurusan seperti teknik informatika, teknik elektro, kedokteran, farmasi hingga teknik perminyakan banyak dibutuhkan di pasar tenaga kerja lokal maupun global.

Jurusan Kuliah Anak IPA yang Peluang Kerjanya Besar

Beberapa pilihan jurusan ini sangat relevan dengan tren perkembangan teknologi, kesehatan dan industri saat ini. Berikut daftarnya:

1. Teknik Informatika

Jurusan ini menjadi salah satu pilihan terpopuler bagi siswa IPA karena perkembangan pesat di bidang teknologi informasi. Dalam era digital ini, perusahaan dari berbagai sektor, baik teknologi, perbankan, kesehatan, maupun pendidikan, sangat memerlukan tenaga ahli di bidang IT.

Berdasarkan laporan dari LinkedIn, bidang IT termasuk salah satu yang memiliki kebutuhan tenaga kerja paling tinggi saat ini.

2. Teknik Elektro

Seperti teknik informatika, lulusan ini banyak dicari pasar tenaga kerja. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di perusahaan energi, industri otomotif, manufaktur hingga di perusahaan telekomunikasi.

Di Indonesia, perkembangan infrastruktur energi dan telekomunikasi membuka peluang besar bagi lulusan teknik elektro.

3. Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Jurusan kedokteran dan ilmu kesehatan selalu menjadi pilihan dengan prospek yang cerah. Profesi dokter, apoteker, perawat dan tenaga kesehatan lainnya selalu dibutuhkan.

Berdasarkan laporan dari WHO, sektor ini mengalami permintaan tenaga kerja yang tinggi, khususnya setelah ada pandemi Covid-19 dan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan kesehatan.

4. Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil berkaitan dengan pembangunan infrastruktur seperti jalan, gedung, jembatan dan lainnya. Di Indonesia, yang terus melakukan pembangunan infrastruktur besar-besaran, jurusan ini sangat relevan.

Berdasarkan laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), proyek-proyek besar seperti pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), semakin meningkatkan permintaan lulusan teknik sipil.

5. Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, termasuk minyak, gas dan mineral. Jurusan teknik perminyakan dan pertambangan menawarkan peluang kerja yang cerah. 

Jurusan ini menjadi salah satu yang menjanjikan bagi mereka yang tertarik dengan industri pengelolaan sumber daya alam.

6. Farmasi

Seperti kedokteran dan ilmu kesehatan, lulusan jurusan farmasi memiliki peluang besar di dunia kerja. Lulusan ini bisa bekerja di industri kesehatan, termasuk di perusahaan farmasi, kosmetik dan sebagainya.

Seiring berkembangnya industri farmasi global dan meningkatnya permintaan akan penelitian obat-obatan baru, jurusan farmasi tetap menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan.

7. Teknik Kimia

Lulusan teknik kimia sangat dibutuhkan dalam proses produksi berbagai produk di perusahaan besar. Selain itu, sektor energi terbarukan dan ramah lingkungan juga memerlukan ahli di bidang teknik kimia.

Jurusan teknik kimia sangat relevan dengan kebutuhan industri modern.

Itulah deretan jurusan kuliah anak IPA yang peluang kerjanya besar. Jurusan-jurusan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Topik Menarik