Ridwan Kamil Cerita Pernah Di-PHK, Bertekad Lindungi Kaum Buruh

Ridwan Kamil Cerita Pernah Di-PHK, Bertekad Lindungi Kaum Buruh

Berita Utama | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 04:20
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil bertekad memberikan perlindungan kepada kaum buruh. Tekad itu dilandasi pengalaman pahitnya ketika bekerja di Amerika Serikat.

RK menuturkan, dirinya pernah bekerja selama tujuh tahun di Amerika Serikat. Namun, dia dipecat lantaran visanya tak diperpanjang.

"Saya tujuh tahun bekerja, sebelum pulang ke Indonesia, saya itu pekerja juga di negara orang. Saya dipecat, saya masih ingat, gara-gara visa-nya expired atau kedaluwarsa. Yang salah bukan saya, yang salah perusahaan," kata RK, Jumat (11/10/2024).

"Dia cuma memanggil saya, dia bilang, 'Ridwan, visa kamu habis besok.' Saya bilang, 'ya salah Ibu dong, harusnya dikasih tahu tiga bulan sebelumnya, sehingga bisa diperpanjang.' Sehingga saya tahu visa saya habis, dan perusahaan besar tadi tidak bisa mempekerjakan pekerja ilegal," imbuhnya.

RK mengungkapkan, istrinya yakni Atalia Praratya kala itu sedang mengandung Emmeril Kahn Mumtadz.

"Jadi saya merasa takut juga. Makanya, memang nggak enak, di-PHK dulu ya tadi," ucapnya.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini tidak akan melupakan momen pahit tersebut. Untuk itu, dia memiliki program perlindungan untuk buruh di Jakarta. Program itu berupa bantuan sosial selama tiga bulan bagi buruh yang terkena PHK.

"Supaya dalam tiga bulan dia tidak kesepian, dia tidak stres, dia tidak sedih. Sambil menunggu melamar kerjanya lagi," ujar RK.

Sebelumnya, Partai Buruh mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil-Suswono (RIDO). Dukungan disampaikan di Gedung KNPI, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (11/10/2024).

Surat deklarasi langsung dibacakan oleh Exco Partai Buruh Provinsi DKI, Winarso.

"Dengan Rahmat Tuhan YME dan menjunjung tinggi asas demokrasi dan perjuangan buruh, demi terwujudnya kesejahteraan buruh dan seluruh masyarakat Provinsi DKJ, dengan ini kami menyatakan dan memberi dukungan kepada Cagub dan Cawagub Bapak M Ridwan Kamil dan Bapak Suswono untuk menjadi Gubernur dan Wagub DKJ periode 2024-2029," ujar Winarso.

Topik Menarik