Ini Arti Medali Loka Praja Samrakshana yang Disematkan ke Jokowi

Ini Arti Medali Loka Praja Samrakshana yang Disematkan ke Jokowi

Terkini | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 11:09
share

JAKARTA, iNews.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyematkan medali kehormatan Loka Praja Samrakshana kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penyematan medali dilakukan dalam apel kesiapan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) di Lapangan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat (Jabar), Senin (14/10/2024).

Apa arti Loka Praja Samrakshana. Menurut Pakar Linguistik dari Universitas Indonesia (UI) Atin Fitriana, Loka Praja Samrakshana merupakan bahasa Sanskerta. Loka Praja Samrakshana artinya perlindungan terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

"Secara umum kata loka dan praja dapat mengacu pada hal yang sama yaitu negara dan rakyat. Akan tetapi makna tempat hanya dimiliki oleh kata loka. Dalam hal ini loka dapat berarti suatu negara sebagai wilayah, sedangkan praja dapat berarti suatu bangsa atau masyarakat," kata Atin dalam keterangannya dikutip Senin (14/10/2024).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyematkan medali kehormatan Loka Praja Samrakshana kepada Presiden Jokowi. (Foto Youtube Setpres).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyematkan medali kehormatan Loka Praja Samrakshana kepada Presiden Jokowi. (Foto Youtube Setpres).

Medali tersebut merupakan bentuk apresiasi Polri kepada Jokowi yang dinilai berperan besar dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara.

Adapun Jokowi hadir dalam apel tersebut ditemani Presiden terpilih Prabowo Subianto. Jokowi tampak mengenakan jas berwarna biru gelap, sementara Prabowo jas hitam. Keduanya terlihat mengenakan Baret Brimob.

Diketahui, Jokowi juga memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja Polri dalam apel tersebut.

Tujuh satuan kerja yang akan menerima tanda kehormatan Nugraha Sakanti adalah Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri dan Pusdokkes Polri.

Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada kesatuan Polri. Tanda kehormatan diberikan kepada satuan yang dinilai telah berjasa di bidang kepolisian serta bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Topik Menarik