Tegas! Spanyol Desak Komisi Eropa Hentikan Kerja Sama Ekonomi dengan Israel

Tegas! Spanyol Desak Komisi Eropa Hentikan Kerja Sama Ekonomi dengan Israel

Berita Utama | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 03:45
share

MADRID, iNews.id - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mendesak Komisi Eropa untuk menghentikan perjanjian perdagangan bebas dengan Israel terkait serangan di Jalur Gaza dan Lebanon. Selain Spanyol, desakan untuk "menghukum" Israel itu juga diajukan oleh Irlandia.

Sanchez meminta Komisi Eropa untuk segera merespons tuntutan negaranya dan Irlandia yang sudah lama diajukan.

"Saya yakin, Komisi Eropa, pemerintahan seluruh Eropa, perlu sesekali dan untuk selamanya, menanggapi permintaan dua negara Eropa, Spanyol dan Irlandia, yang diajukan 9 bulan lalu, serta menghentikan perjanjian kerja sama dengan pemerintah Israel," kata Sanchez, dalam pidatonya di forum World in Progress di Barcelona, seperti dikutip dari Sputnik, Senin (14/10/2024).

Selain itu Sanchez juga mendesak Komisi Eropa untuk mengikuti langkah negaranya yakni menghentikan pasokan senjata ke Israel.

"Tidak akan ada perang tanpa senjata," ujarnya, menegaskan.

Dia lalu mengajak negara-negara Uni Eropa lain untuk mulai bertindak guna mengakhiri konflik di Timur Tengah yang akan terus melebar.

"Sudah saatnya bagi masyarakat internasional untuk bangun, dan sudah saatnya bagi kita untuk bertindak tegas," ujarnya, seraya menegaskan kawasan harus diselamatkan dari ambisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang ingin memaksakan tatanan kawasan baru di bawah kendali Israel.

Sebelumnya Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyerukan penghentian ekspor senjata ke Israel. Dia menegaskan satu-satunya cara untuk menghentikan perang di Gaza adalah menghentikan pengiriman senjata ke Israel.

"Prancis telah menyerukan diakhirinya ekspor senjata yang digunakan di zona pertempuran ini. Para pemimpin lain telah melakukan hal yang sama. Kita semua tahu bahwa ini adalah satu-satunya cara yang dapat menghentikan (pertempuran) hari ini," kata Macron.

Namun dia juga menjelaskan, apa yang disampaikannya bukan pelucutan senjata Israel sepenuhnya karena negara Yahudi itu masih menghadapi risiko keamanan.

Penghentian ekspor senjata ke Gaza saat ini penting untuk menghindari meluasnya ketegangan di Timur Tengah.

Topik Menarik