STY Bicara dari Hati ke Hati dengan Pemain jelang Lawan China, Ini yang Dibahas

STY Bicara dari Hati ke Hati dengan Pemain jelang Lawan China, Ini yang Dibahas

Berita Utama | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 07:50
share

QINGDAO, iNews.id - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), sudah bicara dari hati ke hati dengan para pemainnya jelang melawan China pada lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Usaha ini dilakukan pelatih asal Korea Selatan itu setelah Tim Garuda imbang 2-2 di kandang Bahrain, Kamis (10/10/2024). Dalam laga itu, Indonesia yang sudah unggul 2-1 batal meraih poin maksimal karena kebobolan di menit ke-90+9. 

Terlepas dari kontroversi wasit Ahmed Al Kaf yang tak kunjung meniup peluit akhir meski waktu tambahan enam menit sudah lewat, STY mengakui pasukannya kehilangan fokus sehingga bisa kecolongan. 

Untuk itulah STY melakukan evaluasi dengan cara bicara mendalam ke pemainnya. Sang arsitek ingin armadanya konsentrasi penuh sepanjang laga di laga-laga lain. 

Selanjutnya, Timnas Indonesia bakal bertamu ke markas China di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) pukul 19.00 WIB. 

Skuad Garuda memiliki modal bagus untuk menghadapi Timnas China. Pasalnya, pasukan STY belum terkalahkan dengan meraih tiga hasil imbang dalam tiga laga yang telah dimainkan. 

Bahkan, STY menyebut seharusnya Timnas Indonesia bisa menang melawan Bahrain. 

"Saya merasa kami bisa menang di Bahrain. Namun, saya tidak ingin terlalu banyak membahas detail pertandingan itu,” kata STY dalam konferensi pers, Senin (14/10/2024).

“Namun dalam pertandingan tersebut kami sempat kehilangan fokus,” katanya.

“Kami telah melakukan evaluasi dan refleksi atas hal ini, dan saya juga telah berbicara dengan para pemain secara mendalam,” pelatih berusia 54 tahun tersebut menjelaskan.

Saat ini, Timnas Indonesia masih tercecer di peringkat kelima klasemen Grup C dengan tiga poin, tertinggal satu angka dari Arab Saudi, Australia dan Bahrain yang sama-sama memiliki empat poin di peringkat kedua, ketiga dan keempat. 

Sementara China terdampar di dasar klasemen tanpa poin. Sedangkan puncak klasemen masih dikuasai Jepang dengan sembilan poin. 

Hanya dua teratas yang bisa melaju langsung ke Piala Dunia 2026. Sementara peringkat ketiga dan keempat akan maju ke putaran keempat kualifikasi. 

Topik Menarik