Herindra Tiba di DPR, Jalani Fit and Proper Test Calon Kepala BIN

Herindra Tiba di DPR, Jalani Fit and Proper Test Calon Kepala BIN

Terkini | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 11:10
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra tiba di Gedung Nusantara II DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024). Herindra bakal mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Herindra tiba sekitar pukul 10.53 WIB. Dengan memakai kemeja putih dibalut jas dan dasi, dia berjalan dan menaiki eskalator Gedung Nusantara II DPR.

Terlihat sejumlah pimpinan DPR mendampingi Herindra seperti Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Cucun Syamsurizal dan Saan Mustopa.

Saat ditanya kesiapannya menghadapi uji kelayakan dan kepatutan, Herindra hanya mengacungkan jempol seraya tersenyum kepada awak media.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memastikan, hanya ada satu nama calon Kepala BIN yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya satu nama, Herindra yang dikirim oleh Presiden ke DPR," kata Dasco.

Pihaknya akan langsung mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala BIN dalam rapat paripurna yang digelar Kamis (17/10/2024). Setelahnya, DPR akan langsung mengirim surat kepada Presiden terkait hasil fit and proper test tersebut.

"Besok kita akan paripurnakan dan berkirim surat ke Presiden. Kalau keburu mungkin, pelantikannya akan bersamaan dengan menteri kabinet pada tanggal 21 (Oktober)," kata Dasco.

Topik Menarik