BI Ramal Ekonomi RI Tumbuh di Kisaran 4,7 hingga 5,5 Persen

BI Ramal Ekonomi RI Tumbuh di Kisaran 4,7 hingga 5,5 Persen

Ekonomi | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 16:52
share

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan ekonomi Indonesia tumbuh di kisaran 4,7 hingga 5,5 persen di tahun ini. Ia menjelaskan pertumbuhan ekonomi triwulan III 2024 didukung oleh permintaan domestik yang kuat.

"Investasi tetap kuat, terutama investasi bangunan seiring dengan penyelesaian berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Konsumsi rumah tangga, khususnya dari kelas menengah ke atas, juga tetap terjaga," ujar Perry dalam konferensi pers pengumuman hasil RDG BI Bulan Oktober 2024 di Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Perry menjelaskan, untuk ekspor nonmigas tumbuh positif meskipun terdapat perlambatan ekonomi global dan penurunan harga komoditas. Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan ditopang oleh sektor industri pengolahan, konstruksi, dan perdagangan besar dan eceran. 

"Secara spasial, kinerja ekonomi terjaga di seluruh wilayah. Pada triwulan IV 2024, kami memprakirakan pertumbuhan ekonomi akan tetap baik, didorong oleh kenaikan investasi, baiknya konsumsi rumah tangga, dan peningkatan belanja pemerintah pada akhir tahun," tutur dia.

Adapun Perry menekankan pentingnya kebijakan reformasi struktural untuk mendorong sektor ekonomi yang dapat menyerap tenaga kerja. Upaya ini didukung oleh optimalisasi stimulus kebijakan makroprudensial dan akselerasi digitalisasi transaksi pembayaran yang sudah dilakukan BI.

Namun, ia juga mengingatkan tentang meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global, terutama terkait ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan konvergensi kebijakan moneter negara maju.

"Pertumbuhan ekonomi dunia pada 2024 diperkirakan tumbuh sebesar 3,2 persen dengan kecenderungan melambat, dan inflasi global menunjukkan tren penurunan," ujarnya.

Untuk itu, kata Perry, perkembangan ini memerlukan kehati-hatian dalam merumuskan respons kebijakan untuk memitigasi dampak rambatan global. Termasuk dalam mendorong aliran masuk modal asing dan memperkuat stabilitas nilai tukar guna menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Topik Menarik