IHSG Diramal Menguat ke Level 7.700 jelang Pelantikan Presiden Baru

IHSG Diramal Menguat ke Level 7.700 jelang Pelantikan Presiden Baru

Ekonomi | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 06:53
share

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi pada hari ini, Kamis (17/10/2024) diramal akan menguat. Investor menatap optimistis jelang pelantikan pemerintahan baru.

Secara teknikal dalam indikator Moving Average, IHSG mampu bertahan di atas MA20 di level 7.627. Ini sejalan dengan penyempitan negative slope pada indikator MAC.

“Jika IHSG mampu bertahan di atas MA20, maka akan berpotensi melanjutkan penguatan menuju level 7.700,” bunyi riset Phintraco Sekuritas.

Dari dalam negeri, investor menantikan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2024-2029 yang dilaksanakan pada akhir pekan ini.

Founder WH Project, William Hartanto mengatakan sejumlah program kerja yang sedang direncanakan pemerintahan Prabowo-Gibran telah menjadi sorotan investor, terutama terkait penghapusan pajak properti dan program makan siang gratis untuk masyarakat.

Agenda ini diharapkan dapat menjadi katalis positif saham-saham berkapitalisasi besar, sehingga dapat mendukung penguatan IHSG.

“Program-program seperti penghapusan pajak properti dan makan siang gratis ini dapat membawa sentimen positif bagi sektor properti dan consumer goods.” kata William kepada iNews Media Group, Senin (14/10).

Dari sisi global, pasar mengantisipasi rilis data Retail Sales bulan September 2024 di Amerika yang dijadwalkan rilis pada Kamis (17/10).

Angka ini diperkirakan mengalami pertumbuhan sebesar 0,3 persen MoM. Ekspektasi ini menandai bahwa konsumsi domestik mengalami perbaikan. 

Di sisi lain, data pengangguran diperkirakan stagnan di level tertinggi, mengindikasikan sektor tenaga kerja Amerika sedang melemah, menurut Phintraco.

Dari sisi regional Asia, pasar menantikan rilis data Neraca Perdagangan Jepang periode September 2024 yang diperkirakan mengalami perbaikan meskipun masih defisit.

Topik Menarik