7 Negara dengan Transportasi Umum Gratis, Nomor 1 Sempat Viral 

7 Negara dengan Transportasi Umum Gratis, Nomor 1 Sempat Viral 

Terkini | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:49
share

JAKARTA, iNews.id - Negara-negara dengan transportasi umum gratis menarik untuk diketahui. Transportasi umum suatu negara mencerminkan bagaimana pemerintah setempat melayani warganya.

Meski biaya operasional tinggi, pemerintah beberapa negara berupaya memberikan layanan transportasi semurah mungkin bagi warga maupun pelancong. Dampak positifnya, penggunaan transportasi umum oleh warga bisa menekan kemacetan serta polusi udara.

Oleh karena itu pemerintah pusat maupun daerah di berbagai negara rela menggelontorkan subsidi besar untuk sektor transportasi publik. Sebagian negara atau kota bahkan menggratiskan transportasi publik tertentu. Selain bagi penduduk setempat, pelancong asing juga bisa menikmati bepergian gratis di dalam wilayah suatu kota.

Negara-negara dengan transportasi umum gratis:

1. Luksemburg

Luksemburg pada Maret 2020 menggratiskan semua transportasi umum. Langkah pemerintah negara Eropa tersebut sempat menjadi viral dan menjadi pemberitaan global saat itu. Bagaimana tidak, Leksemburg menjadi negara pertama di dunia yang menggratiskan semua moda transportasi umum.

Warga dan pelancong di Luksemburg dimanjakan dengan transportasi umum, seperti bus, kereta, dan trem, yang bisa dinaiki secara cuma-cuma.

Transportasi tersebut sudah menjangkau sebagian besar tempat tanpa mengeluarkan biaya apa pun. Meski gratis, transportasi umum di negara itu juga terawat dengan sangat baik.

2. Prancis (Kota Dunkirk dan Aubagne)

Dunkirk merupakan kota pesisir di Prancis utara. Pemerintah setempat memberi layanan bus gratis untuk semua warga pada 2018. Bus tersebut menjangkau sebagian besar tempat bahkan hingga ke perbatasan Belgia.

Pemerintah Aubagne juga menggratiskan transportasi umum. Sebagian besar penduduk memanfaatkan trem untuk beraktivitas. Bahkan Aubagne menjadi kota pertama di dunia dengan layanan trem gratis bagi pengguna. Pelancong asing pun juga bisa memanfaatkannya secara cuma-cuma.

3. Estonia (Tallinn)

Transportasi umum gratis hanya bagi penduduk terdaftar di Kota Talinn, Estonia. Program ini telah berlangsung sejak 2013. Sejak itu, beberapa warga Estonia juga termotivasi untuk mendaftarkan diri mereka sehingga bisa memanfaatkan transportasi gratis.

4. Rumania (Cluj-Napoca)

Kota Cluj-Napoca di Rumania menyediakan transportasi umum gratis bagi penduduknya, meski hanya setiap Jumat. Layanan transportasi umum seperti bus, kereta, dan trem benar-benar gratis setiap Jumat. 

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mobilitas kota dan mengurangi dampak lingkungan.

5. Swedia (Avesta)

Kota Avesta di Swedia menawarkan layanan bus gratis sejak 2012. Layanan ini merupakan cara cepat dan ramah lingkungan untuk berkeliling kota. Bus gratis ini diberlakukan dengan tujuan agar warga lebih menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi guna mengurangi emisi karbon.

6. Belanda (Amsterdam) 

Pemerintah Amsterdam, Belanda, menyediakan layanan kapal feri gratis yakni mulai dari pintu belakang stasiun Centraal. Pengguna bisa menyeberangi sungai IJ cuma-cuma, mengantar ke berbagai tujuan menarik.

7. Australia (Melbourne)

Kota Melbourne juga menawarkan transportasi umum gratis yakni trem, khusus untuk pusat kota. Penduduk dan pelancong juga bisa menikmati trem bernuansa lawas rute pusat-pusat bisnis.

Topik Menarik