Morning Update: Tips Makan Enak Tak Bikin Berat Badan Ibu Hamil Bertambah Drastis

Morning Update: Tips Makan Enak Tak Bikin Berat Badan Ibu Hamil Bertambah Drastis

Terkini | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:13
share

JAKARTA, iNews.id - Banyak ibu hamil yang khawatir tubuhnya membesar karena makan jadi lebih banyak. Saking terlalu takut, ibu hamil membatasi asupan makanan harian, padahal langkah ini tidak tepat. 

Ibu hamil yang tidak makan secara seimbang akan memberi dampak buruk pada janin, mau pun ibu hamil itu sendiri. Di kala hamil, sudah semestinya seorang ibu memastikan asupan makanan terjaga dengan pilihan menu yang sehat. 

Lantas, bagaimana tips makan enak tapi tidak bikin berat badan ibu hamil bertambah drastis? Dokter Spesialis Gizi Klinis dr Putri Sakti, Sp.GK menerangkan jawabannya di program Morning Update iNews TV. Berikut ulasan selengkapnya. 

Menurut dr Putri, ibu hamil harus memperhatikan asupan protein. Ini penting karena ketika protein tubuh tercukupi, maka rasa lapar tidak akan cepat datang. 

"Pada ibu hamil trimester pertama, kami menyarankan kepada mereka untuk menambahkan 180 kalori dari yang porsi makan sehari-hari," kata dr Putri, Kamis (17/10/2024).

Penambahan kalori itu bukan pada karbohidratnya, seperti nasi, tapi proteinnya. Dengan kata lain, ibu hamil perlu mengonsumsi protein lebih banyak dari biasanya. 

Sumber protein itu bisa dari kacang-kacangan, daging merah, daging ayam, atau daging ikan. Susu juga boleh jika kondisinya sedang mual jika langsung mengonsumsi makanan real food. 

"Protein yang tercukupi bagi ibu hamil dapat mencegah janin yang dikandungnya lahir stunting," jelas dr Putri. 

Sebagai informasi, protein itu mengenyangkan. Jika tubuh kenyang, maka keinginan untuk ngemil jadi lebih kecil. Salah satu penyebab berat badan ibu hamil naik drastis, kata dr Putri, adalah kebiasaan ngemil. 

"Ngemil ini yang bikin berat badan naik drastis," ungkapnya.

Topik Menarik