5 Bom Rakitan Ditemukan di Poso, Densus 88: Tidak terkait Aksi Teror

5 Bom Rakitan Ditemukan di Poso, Densus 88: Tidak terkait Aksi Teror

Terkini | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 18:03
share

JAKARTA, iNews.id - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri angkat suara terkait penemuan lima bom rakitan di Dusun Tolana, Desa Toini, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, pada Selasa (15/10/2024). Kelima bom itu dipastikan bukan terkait aksi teror. 

"Temuan ini tidak terkait aksi teror atau kelompok teror tertentu," kata Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Kamis (17/10/2024).

Kepala Operasi Madago Raya Kombes Boy FS Samola menuturkan, lima bom rakitan itu ditemukan salah satu warga bernama Amirudin saat berkebun. Kelima bom itu terbungkus ember plastik.

“Empat bom rakitan berhasil didisposal (dimusnahkan), sedangkan 1 sisanya sudah dalam kondisi berkarat dan rusak berat,” kata Samola, Rabu (16/10/2024).

Dia menjelaskan, penemuan bermula saat Amirudin membersihkan lahannya. Tak berselang lama, parang yang digunakan untuk membabat tanaman membentur benda keras yang ternyata bom rakitan.

Menurutnya, lima bom rakitan berjenis lontong itu terbuat dari pipa besi dengan sumbu di bagian atasnya.

“Penemuan bom yang dilaporkan kepada aparat menjadi bukti bahwa warga semakin proaktif menjaga lingkungan. Ini menunjukkan betapa pentingnya sinergi antara TNI, Polri, dan masyarakat dalam menjaga keamanan,” ujarnya.

Topik Menarik