Dirjen PUPR Diana Kusumastuti jadi Kandidat Wakil Menteri, Ini Profilnya

Dirjen PUPR Diana Kusumastuti jadi Kandidat Wakil Menteri, Ini Profilnya

Ekonomi | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 20:37
share

JAKARTA, iNews.id - Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti menjadi salah satu kandidat perempuan yang masuk dalam Kabinet Prabowo-Gibran. Prabowo disebut-sebut memilihnya menjadi Wakil Menteri PU. 

"Betul saya dipanggil ke Kertanegara. InsyaAllah (diminta Prabowo) tetap terkait ke PU-an. Baru hari ini bapak akan memberikan pembekalan, kemarin (Rabu) untuk Menteri," katanya kepada iNews.id, Rabu (16/10/2024).

Profil Diana Kusumastuti

Melansir laman resmi Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti lahir Surakarta pada tahun 1967. Ia menyelesaikan studi gelar sarjana di Universitas Diponegoro untuk jurusan pendidikan Teknik Arsitektur Universitas Diponegoro dan selesai pada tahun 1991.

Lalu, Diana melanjutkan pendidikan dengan meraih Gelar Magister Studi Studi Pembangunan di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004.

Adapun jabatan yang pernah diemban Diana di Kementerian PUPR adalah Direktur Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR. Ia juga pernah menjadi Direktur Jenderal Cipta Karya di bawah pimpinan Basuki Hadimuljono.

Selain di Kementerian PUPR, Diana juga tercatat menjabat sebagai Komisaris PT Brantas Abipraya (Persero) pada 31 Januari 2023. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-19/MBU/01/2023.

Adapun proyek besar yang saat ini tengah dikerjakaan oleh Direktorat Cipta Karya adalah Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Bahkan, anggaran APBN yang digelontorkan ke Ditjen Cipta Karya mencapai Rp30,58 triliun pada periode 2020-2024.

Topik Menarik