Pesan Jokowi ke Prabowo usai Purnatugas: Saya Serahkan Cita-cita Rakyat Indonesia

Pesan Jokowi ke Prabowo usai Purnatugas: Saya Serahkan Cita-cita Rakyat Indonesia

Terkini | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 16:19
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden ketujuh Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan terakhir kepada Presiden Prabowo Subianto usai purnatugas. Pesan itu disampaikan persis sebelum Jokowi menaiki pesawat yang membawanya pulang ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024).

"Tugas negara, tugas yang sangat besar dengan seluruh persoalan-persoalan yang ada, dengan seluruh keinginan-keinginan besar. Cita-cita masyarakat yang sangat banyak sekali, tidak bisa semua kita kerjakan," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Jokowi pun menyerahkan impian dan cita-cita ratusan juta rakyat Indonesia kepada Prabowo. Dirinya berharap agar Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu bisa memimpin bangsa dengan baik.

"Saya sampaikan kepada bapak presiden (Prabowo), saya serahkan seutuhnya impian, harapan cita-cita besar dari 280 juta rakyat Indonesia pada Bapak Presiden Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto dan semoga beliau diberikan, kesehatan, kekuatan untuk memimpin negara yang sangat besar ini," kata dia.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan pesan kepada rakyat Indonesia. Dia meminta masyarakat hidup rukun dan saling merangkul.

"Rukun, bersatu, berangkulan membangun negara ini sesuai yang disampaikan oleh Bapak Prabowo," tandasnya.

Sebelumnya, Jokowi dan Prabowo menghadiri upacara pisah sambut di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Dalam kesempatan ini, Jokowi melakukan serah terima jabatan kepada Prabowo.

Acara dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dengan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Lalu keduanya memeriksa pasukan yang mengikuti upacara. Pasukan tersebut terdiri dari tiga matra TNI dan Polri serta para taruna akademi.

Terlihat beberapa tamu undangan hadir untuk memeriahkan upacara pisah sambut Jokowi dan Prabowo di Istana. Upacara ditutup dengan flypas pesawat tempur TNI AU.

Diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden usai dilantik di Gedung MPR. Prabowo mengucapkan sumpah sebagai Presiden Republik Indonesia. Berikut bunyi sumpah yang dibacakan.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa".

Selanjutnya, giliran Gibran mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden RI.

Dengan selesainya pelantikan ini, rakyat Indonesia resmi memiliki Presiden dan Wapres yang baru yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Topik Menarik