TNI AD Buka Suara soal Status Mayor Teddy usai Ditunjuk Jadi Seskab

TNI AD Buka Suara soal Status Mayor Teddy usai Ditunjuk Jadi Seskab

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 13:51
share

JAKARTA, iNews.id - TNI Angkatan Darat (AD) buka suara soal status Mayor Inf Teddy Indra Wijaya yang ditunjuk Presiden Prabowo Subianto sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab). Penunjukan itu diumumkan Prabowo dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024) malam.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Wahyu Yudhayana mengaku telah bertanya ke Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) yang menyatakan jabatan Seskab bukan setingkat menteri. Sehingga, kata dia, Mayor Teddy masih masih berstatus perwira aktif.

"Setelah saya konfirmasi ke Setmilpres, seskab itu tdak setingkat menteri, strutkurnya di bawah Kemensetneg, jabatan seskab itu bisa dijabat TNI aktif termasuk eselon II, maksimal pangkat tertinggi brigjen (brigadir jenderal)," kata Wahyu kepada wartawan, Senin (21/10/2024).

Dengan ketentuan itu, kata dia, perwira menengah (pamen) seperti Mayor Teddy bisa menjabat dengan status anggota TNI yang bertugas di luar struktur.

"Sehingga pamen bisa menjabat di situ, sebagai perwira TNI aktif penugasan di luar struktur," tutur dia.

Seiring penunjukan itu, menurut Wahyu, penugasan Mayor Teddy sebagai Wakil Komandan Batalyon Infanteri (Wadanyonif) Para Raider 328/Dirgahayu pun tidak aktif.

"Enggak dong, kalau sudah penugasan di situ (seskab) berarti sudah penugasan di luar strutkur, tentu nanti akan ada sertijab jabatan organiknya," katanya.

Mayor Teddy Indra Wijaya, mendapat posisi di Kabinet Merah Putih. Teddy ditunjuk menjadi kepala lembaga di luar koordinasi kemenko.

Hal itu disampaikan langsung Prabowo Subianto saat mengumumkan komposisi Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024) malam.

"Teddy Indra Wijaya, Sekretaris Kabinet," kata Prabowo, saat umumkan komposisi kabinet.

Topik Menarik