Hakim Agung Sunarto Ucap Sumpah Jadi Ketua MA di Hadapan Prabowo

Hakim Agung Sunarto Ucap Sumpah Jadi Ketua MA di Hadapan Prabowo

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 10:06
share

JAKARTA, iNews.id - Hakim Agung Sunarto mengucapkan sumpah sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2024). Pengucapan sumpah dilakukan di hadapan Presiden Prabowo Subianto.

Pengangkatan Sunarto sebagai Ketua MA berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 136P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dengan Hormat Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial dan Pengangkatan Ketua Mahkamah Agung.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ujar Sunarto mengucapkan penggalan sumpah jabatannya.

Setelah mengucapkan sumpah, Sunarto menandatangani berita acara pengucapan sumpah jabatan Ketua MA.

Diketahui, Sunarto terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2024-2029. Sunarto terpilih lewat pemungutan suara satu putaran.

Sebelumnya, Sunarto diketahui mengantongi dukungan dari 30 hakim agung.

"Berdasarkan ketentuan Pasal 9 ayat 1 Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 212/KMA/SK.KP1.1/2024 tentang Tata Tertib Pemilihan Ketua Mahkamah Agung, jumlah suara tersebut lebih dari 50 persen suara yang sah,” ujar pimpinan sidang Muhammad Syarifuddin, Rabu (16/10/2024). 

"Dengan demikian, Yang Mulia Profesor Doktor H. Sunarto, S.H M.H ditetapkan sebagai Ketua Mahkamah Agung terpilih tahun 2024-2029," sambungnya.

Diketahui, ada empat hakim agung yang mencalonkan diri sebagai ketua MA. Selain Sunarto, ada Haswandi, Soesilo dan Yulius.

Sunarto menggantikan Ketua MA sebelumnya Muhammad Syarifuddin. Syarifuddin purnatugas karena sudah berusia 70 tahun pada Oktober 2024 ini.

Sunarto sebelumnya merupakan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial.

Topik Menarik