Puan Ungkap Skill Khusus yang Harus Dikuasai Santri, Apa itu?

Puan Ungkap Skill Khusus yang Harus Dikuasai Santri, Apa itu?

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:13
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR Puan Maharani mengungkapkan keterampilan atau skill penting yang perlu dikuasai para santri di Indonesia. Keterampilan tersebut yakni terkait bidang teknologi informatika.

Diketahui, Hari Santri Nasional jatuh setiap tanggal 22 Oktober. Pemerintah menetapkan tema Hari Santri tahun ini adalah "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan".

"Santri memiliki keunggulan dari sistem pendidikan yang mandiri dan kuat agamanya. Sehingga jika diasah dan digabungkan dengan ilmu teknologi, akan semakin berdaya membangun bangsa," kata Puan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Menurut dia, skill itu berguna ketika santri melakukan dakwah di media sosial. DPR ingin dakwah di medsos terus diperbanyak.

"Banyak juga yang berdakwah dan berbagi kisah inspiratifnya lewat media sosial. Langkah-langkah positif seperti ini harus semakin disebarluaskan," ujar Puan.

Dia menilai, dengan teknologi, santri juga bisa memberdayakan ekonomi kerakyatan di tengah masyarakat.

"Saya lihat banyak santri yang cukup menginspirasi dan sukses saat menggeluti ekonomi digital," kata Puan.

Sebelumnya, Menteri Agama Nasaruddin Umar memimpin Apel Hari Santri 2024 di Tugu Proklamasi, Jakarta, Selasa (22/10/2024). Dalam amanatnya, Nasaruddin menyampaikan santri bisa menjadi apa saja, termasuk presiden dan wakil presiden.

"Santri bisa menjadi apa saja. Santri bisa menjadi presiden, dan kita punya presiden yang berlatar belakang santri yaitu Kiai Haji Abdurrahman Wahid yang kita kenal Gus Dur. Santri juga bisa menjadi wakil presiden, dan kita punya wakil presiden yang berlatar belakang santri, yaitu Kiai Haji Ma'ruf Amin," ujar Nasaruddin di hadapan para santri.

Selain presiden dan wakil presiden, kata dia, santri juga bisa menjadi banyak hal termasuk menteri, pengusaha, diplomat, birokrat dan lainnya.

Topik Menarik