Damkar Kuningan Tangani Kebakaran yang Hanguskan Dapur Rumah Warga Cipancur

Damkar Kuningan Tangani Kebakaran yang Hanguskan Dapur Rumah Warga Cipancur

Terkini | kuningan.inews.id | Selasa, 22 Oktober 2024 - 21:00
share

KUNINGAN,iNewsKuningan.id–Sebuah kebakaran terjadi di Desa Cipancur, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan, pada Selasa (22/10). Kebakaran tersebut menghanguskan bagian dapur rumah milik Rumtiah (75), seorang ibu rumah tangga setempat.

Kepala UPT Damkar Kuningan, Andri Arga Kusumah menjelaskan, bahwa pihaknya menerima laporan kejadian dari Perangkat Desa Cipancur. Setelah menerima laporan, kemudian menurunkan 6 anggota beserta satu unit mobil pemadam untuk menangani kebakaran.

"Menurut keterangan yang diperoleh dari saksi di lokasi, api pertama kali diketahui oleh pemilik rumah sendiri saat hendak ke belakang rumah. Saat itu, beliau melihat api yang sudah membesar di dapur rumahnya. Warga sekitar pun segera berdatangan dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya," ungkapnya.

Setelah laporan masuk, tim pemadam segera ke lokasi dan melakukan pemadaman. Api berhasil dijinakkan dalam waktu sekitar 30 menit.

"Penyebab kebakaran diduga berasal dari arang yang masih menyala di tungku dapur belakang. Di sekitar tungku, terdapat tumpukan ranting dan kayu yang mudah terbakar," jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materi diperkirakan mencapai jutaan rupiah. "Bangunan yang terbakar meliputi dapur bagian belakang yang semi permanen, dan sebagian dapur tengah yang permanen," sebutnya.

 

Pihaknya juga menekankan, pentingnya kewaspadaan masyarakat terhadap potensi kebakaran. "Kami mengimbau warga agar selalu memeriksa tungku, gas, dan instalasi listrik di rumah. Selain itu, penggunaan kabel listrik yang standar serta peralatan proteksi kebakaran seperti APAR dan tandon air sangat diperlukan, terutama di lingkungan pemukiman," tutupnya.***

Topik Menarik