Mendikdasmen Sebut Muncul Wacana Kenalkan Matematika di Tingkat TK

Mendikdasmen Sebut Muncul Wacana Kenalkan Matematika di Tingkat TK

Terkini | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 21:27
share

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti mengungkapkan wacana menarik untuk mulai memperkenalkan pelajaran matematika sejak di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK). Tujuannya sebagai upaya peningkatan kualitas sains dan teknologi di masa depan.

Abdul Mu’ti menekankan Presiden Prabowo Subianto sangat menaruh perhatian besar pada peningkatan kualitas sains dan teknologi bagi generasi muda Indonesia. Salah satu langkah penting yang disebutkan adalah memperkenalkan matematika sejak dini sebagai pondasi dasar.

“Presiden Prabowo sangat concern terhadap peningkatan kualitas sains dan teknologi. Karena itu, matematika sebagai salah satu ilmu dasar tidak boleh ditinggalkan. Bahkan ada wacana untuk mengenalkan matematika sejak TK,” ujar Abdul Mu’ti saat ditemui awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Tidak hanya itu, Prabowo juga meminta perhatian lebih terhadap kualitas para pengajar matematika di sekolah. Untuk mendukung wacana ini, ia mendorong dilakukannya pelatihan bagi guru-guru matematika agar metode pengajaran dapat ditingkatkan.

“Presiden menekankan pentingnya memperbaiki metode pembelajaran matematika. Dan ini membutuhkan pelatihan khusus bagi guru-guru agar bisa mengajarkan dengan lebih baik,” kata Abdul Mu’ti.

Meski begitu, Abdul Mu’ti menyampaikan bahwa wacana ini masih akan dikaji lebih lanjut, terutama terkait perubahan kurikulum yang mungkin akan diberlakukan di masa mendatang. 

Ia juga menyebut bahwa program Merdeka Belajar yang sedang berjalan akan turut dievaluasi dalam proses kajian ini.

“Belum ada pembahasan lebih lanjut, semuanya akan kami kaji terlebih dahulu. Ini masih dalam tahap awal,” tuturnya.

Topik Menarik