Pesawat Militer Ilyushin Il-76 Ditembak Jatuh di Sudan, Kru Asal Rusia Tewas

Pesawat Militer Ilyushin Il-76 Ditembak Jatuh di Sudan, Kru Asal Rusia Tewas

Terkini | inews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 10:47
share

MOSKOW, iNews.id - Pesawat kargo militer buatan Rusia Ilyushin Il-76 ditembak jatuh di Darfur, Sudan. Lima kru yang berada di pesawat, yakni tiga warga Sudan dan dua Rusia, tewas dalam kejadian itu.

Belum diketahui pasti siapa operator atau militer mana yang mengoperasikan pesawat tersebut. 

Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia di Sudan menyatakan masih menyelidiki laporan warganya tewas di Darfur, medan pertempuran perang saudara antara pasukan pemerintah dengan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF).

Kedubes Rusia berkoordinasi dengan pemerintahan militer Sudan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi mengenai insiden tersebut.

Portal berita Sudan Tribune, mengutip sumber militer Sudan, melaporkan pesawat jatuh di daerah Malha, dekat perbatasan dengan Chad, dalam penerbangan menuju Kota El Fasher.

El Fasher merupakan satu-satunya kota di Provinsi Darfur yang berada di bawah kendali pasukan pemerintah.

RSF pada Senin (21/10/2024) mengakui telah menembak jatuh pesawat buatan Rusia. Saat itu mereka menyebut pesawat tersebut sebagai Antonov dan diterbangkan oleh kru asal Mesir. RSF juga memerangi Mesir karena menuduh negara itu membantu pasukan pemerintah Sudan dan mengebom warga sipil.

Mesir membantah tuduhan RSF memberikan bantuan militer kepada pasukan Sudan selama konflik yang sudah berlangsung selama 18 bulan itu.

RSF juga mengklaim telah menemukan kotak hitam pesawat serta menyita dokumen yang terkait dengan misi pesawat.

Sumber pejabat militer Sudan mengatakan, pesawat dalam misi pengiriman peralatan dan obat-obatan ke Kota El Fasher.

Perebutan kekuasaan antara pasukan pemerintah dan RSF bermula pada April 2023, memicu apa yang disebut PBB salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Beberapa perkiraan, termasuk disampaikan Utusan Khusus Amerika Serikat untuk Sudan Tom Perrieollo pada Mei lalu, mengungkap sedikitnya 150.000 orang tewas sejak perang dimulai tahun lalu.

PBB memperkirakan lebih dari 10 juta orang atau 20 persen dari total penduduk Sudan, mengungsi akibat perang.

Topik Menarik