Apa Itu Branding Produk? Begini Kiat-Kiatnya

Apa Itu Branding Produk? Begini Kiat-Kiatnya

Terkini | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 22:22
share

JAKARTA, iNews.id - Proses pemasaran akan lebih mudah apabila Anda menggunakan strategi marketing yang baik. Salah satunya adalah branding produk, apa itu branding produk dan bagaimana cara untuk melakukannya?

Branding produk adalah proses menciptakan identitas yang unik dan kuat untuk suatu produk. Dengan branding yang baik, maka produk tersebut lebih mudah dikenal dan diingat oleh audiens. 

Melakukan branding pada suatu produk tak hanya sekedar membuat logo atau slogan. Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana keseluruhan tampilan produk, interaksi dengan pelanggan, hingga pengalaman berbelanja. 

Tujuan Branding Produk 

Selain harus mengetahui apa itu branding produk, Anda juga perlu mengetahui seperti apa tujuannya. Lewat upaya ini, maka suatu produk bisa memiliki identitas yang berbeda dari kompetitor. Langkah melakukan branding bisa dimulai dengan membuat nama, logo, slogan, desain, serta kemasan yang menarik. 

Setelahnya produk disampaikan sedemikian rupa kepada audiens yang sudah ditarget sebelumnya. Apabila dilakukan dengan benar, maka produk tersebut bisa segera mendapatkan citra yang positif di mata audiens. Tujuan lain branding produk dilakukan antara lain:

- Membangun citra dan kepercayaaan kepada konsumen agar produk yang Anda buat menjadi lebih kredibel. 

- Menciptakan diferensiasi, sehingga produk Anda bisa tampil beda dibandingkan produk sejenis di pasar. Secara tak langsung, branding akan memberikan keunggulan yang kompetitif di pasaran. 

- Meningkatkan loyalitas pelanggan, karena pelanggan terhubung secara emosional dengan produk dan percaya pada kualitasnya. Nantinya, mereka tak segan untuk melakukan pembelian ulang dan terus menggunakan produk tersebut. 

Bagaimana Cara Lakukan Branding Produk?

Melakukan branding produk memang bukan langkah yang mudah, karenanya perlu kiat-kiat yang tepat agar tiap langkahnya bisa memberikan dampak positif pada brand. Berikut adalah panduan yang bisa Anda ikuti jika berniat untuk melakukannya. 

- Kenali Target Audiens

Langkah pertama dalam melakukan branding produk yang efektif adalah mengenal siapa target audiens. Tahu apa itu branding produk akan membantu mengenali demografi, preferensi, serta kebutuhan audiens Anda. Dari data tersebut, Anda bisa membuat produk yang sesuai dengan keinginan pasar. 

- Ciptakan Identias Visual yang Konsisten

Jika sudah mengenali target audiens, langkah berikutnya adalah menciptakan identias visual yang konsisten. Langkah ini meliputi memilih logo, warna, tipografi, serta desain kemasan. Janga lupa untuk membagikan konten atau iklan yang dibuat dimedia sosial. 

- Fokus pada Kualitas 

Alih-alih menghadirkan produk yang murah dan berkualitas biasa saja, pertimbangkan membuat produk yang lebih berkualitas. Lewat kualitas produk yang baik, pelanggan tak akan berpikir dua kali untuk melakukan pembelian ulang. 

- Manfaatkan Media Sosial 

Media sosial bisa menjadi ruang yang tepat untuk melakukan strategi marketing secara daring. Agar tampilan produk semakin menarik, Anda bisa memanfaatkan jasa desain mockup. Jasa ini bisa memberikan detail tampilan kemasan produk secara rinci sebelum Anda memperbanyaknya untuk iklan di media sosial. 

Apa yang Harus Dihindari saat Lakukan Branding Produk?

Jika sudah mengetahui apa itu branding produk, buat langkah tersebut makin efektif dengan menghindari hal-hal berikut ini. Tak hanya bisa menurunkan hasil branding, pelanggan pun bisa saja berpaling ke brand lain. 

- Tidak Adaptif Terhadap Tren

Memang tidak semua tren bisa ditiru, namun penting untuk bersikap fleksibel dengan kondisi pasar. Brand tetap diperbolehkan untuk melakukan perubahan atau mengikuti tren yang sedang berlangsung, asalkan tidak kehilangan identitas dirinya. 

- Mengabaikan Media Sosial 

Jangan sampai Anda mengabaikan media sosial dan hanya berfokus ke penjualan offline saja. Penting untuk tetap berinteraksi dengan calon pelanggan di media sosial. Di era serba digital, media sosial bisa menjadi ruang yang tepat untuk meningkatkan kredibilitas dan jangkauan audiens. 

- Inkonsistensi Identitas Merek

Hindari perubahan berlebihan pada logo, warna, font maupun slogan produk. Hal ini akan membuat pelanggan menjadi bingung dan mengurangi tingkat rekognisi brand. Kalau perlu, gunakan penyedia jasa pembuat identitas produk. 

Misalnya dengan menggunakan jasa mockup kemasan produk yang memang profesional. Sehingga hasilnya memuaskan dan Anda tidak perlu sering-sering melakukan revisi atau penggantian identitas. Lewat cara ini, Anda pun bisa melakukan branding produk dengan lebih optimal.

Topik Menarik