Banjir Lumpur Tutup Jalan Batu-Mojokerto, Akses Lalu Lintas Sempat Lumpuh

Banjir Lumpur Tutup Jalan Batu-Mojokerto, Akses Lalu Lintas Sempat Lumpuh

Terkini | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 13:28
share

KOTA BATU, iNews.id - Hujan deras menyebabkan banjir lumpur yang sempat menutup akses jalan raya antara Mojokerto-Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (25/10/2024) petang. Kondisi ini terjadi lantaran saluran drainase tak lagi mampu menampung debit air hingga meluap.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, luapan banjir lumpur ini terjadi di ruas jalan raya yang menghubungkan Kota Batu dan Kabupaten Mojokerto, melalui Cangar tepatnya di Jalan Sumberbrantas, Desa Junrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

"Hujan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kota Batu menyebabkan saluran drainase tidak mampu menampung air," ujar Agung Sedayu saat dikonfirmasi, Sabtu (26/10/2024).

Air tersebut lantas menggenangi jalan-jalan hingga membawa aliran tanah bercampur lumpur. Alhasil jalan provinsi itu sempat ditutup karena lumpur menggenangi hingga ketebalan 5 sentimeter.

"Air bercampur lumpur meluap ke jalan, ketebalan lumpur setinggi 5 cm meluap ke jalan sehingga aktivitas pengguna jalan menjadi terganggu," katanya.

Menurutnya proses pembersihan berlangsung sejak Jumat petang. Tim gabungan darı BPBD, dibantu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jawa Timur, TNI, polri, para agen bencana hingga warga sekitar bahu membahu. Material lumpur yang menggenang baru bisa dibersihkan Jumat malam sehingga jalan dapat kembali dilewati.

"Pembersihan lumpur dengan alat berat dan manual, yakni disemprot air agar material lumpur hilang," ucapnya.

 Pihaknya juga sudah meneruskan laporan banjir lumpur dari saluran air ke dinas terkait. BPBD dan instansi kesiapsiagaan bencana lainnya merekomendasikan untuk perbaikan saluran drainase di Jalan Raya Sumberbrantas, Kota Batu.

"Kami rekomendasikan perbaikan saluran drainase dan memberikan himbauan kepada pengguna jalan untuk berhati-hati menghadapi musim hujan. Di peristiwa ini sendiri nihil korban," ujarnya.

Topik Menarik